Bupati Waykanan Ajak SKPD Jaga Kebersihan Kantor

id raden adipati surya, bupati waykanan, skpd jaga kebersihan

Bupati Waykanan Ajak SKPD Jaga Kebersihan Kantor

Bupati Waykanan, Lampung, Raden Adipati Surya (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Bila Waykanan sudah dapat masuk nominasi katagori kabupaten bersih, besar kemungkinan bisa mendapatkan penghargaan," tegasnya...
Waykanan, Lampung (Antara Lampung) – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengajak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintahannya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, indah dan tertib.

"Kebersihan menjadi tanggungjawab semua orang, tidak terkecuali pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Waykanan," katanya, Selasa (5/4) saat melakukan inspeksi mendadak di beberapa kantor pelayanan yang halaman kantornya terlihat kotor.

Ia minta agar ajakannya itu diikuti oleh semua SKPD yang ada di Kabupaten Waykanan, karena sampah atau rerumputan yang ada dibiarkan dapat merusak keindahan kantor tersebut.

Raden Adipati mengakui selama ini banyak keluhan mengenai kebersihan SKPD, dan mulai saat ini diminta para SKPD dan semua pihak bersungguh-sungguh untuk membenahinya, dan pegawai di lingkup Pemkab Waykanan harus menjadi contoh untuk memacu partisipasi masyarakat.
 
Dengan menjaga kebersihan, menurut Bupati, juga dapat dijadikan langkah awal dan persiapan bagi Kabupaten Waykanan untuk dapat meraih Piala Adipura sebagai kota kecil yang bersih.

"Bila Waykanan sudah dapat masuk nominasi katagori kabupaten bersih, besar kemungkinan bisa mendapatkan penghargaan," tegasnya.

Untuk dapat meraih Piala Adipura diperlukan kerja keras semua sektor. Dinas Kebersihan perlu mengontrol kebersihan jalan-jalan, camat dan lurah mengontrol kebersihan perumahan masyarakat, pengelola pasar menjaga kebersihan pasar dan Dinas Pendidikan mengontrol kebersihan sekolah.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah di areal rumahnya, sampah sebaiknya dikoordinasikan kepada petugas terkait agar dibawa ke tempat penampungan sampah.

Wakil Bupati Waykanan, Edward Antony juga mengajak seluruh masyarakat di daerahnya untuk menjaga kebersihan dan membiasakan hal tersebut sebagai bagian dari kehidupan yang tidak dapat ditinggalkan.

"Kebersihan sebagian dari iman, jadi menurut saya tidak ada ruginya untuk mulai membiasakan hal tersebut," ujarnya.

Dengan menjaga kebersihan setidaknya bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya bencana banjir.
 
"Minimal kita sudah berusah keras untuk mencegah terjadinya banjir di wilayah kita. Nggak akan rugi bila kita menjaga kebersihan," tambahnya.(Ant)