Bupati Waykanan seluruh jajaran terus komitmen tingkatkan inovasi daerah

id lampung, waykanan, wayka, kawan adipati, adipati

Bupati Waykanan seluruh jajaran terus komitmen tingkatkan inovasi daerah

Bupati Waykanan (ANTARA/HO-Pemkab Waykanan)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, membuka rapat penguatan inovasi daerah kabupaten setempat 2022 di ruang rapat utama pemda setempat, beberapa waktu lalu.  

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan, pada Tahun 2020 Kabupaten Waykanan mampu mengirim 24 inovasi yang dilakukan 2 tahun sebelumnya.

Indeks Inovasi Daerah (IID) berada pada kategori kabupaten kurang inovatif pada posisi 169 Nasional, dan pada tahun 2021 mengalami peningkatan yang signifikan yaitu mampu melaporkan inovasi yang telah dilaksanakan sebanyak 41 inovasi dengan indeks 52,05 point berada dikategori kabupaten inovatif diposisi 79 nasional.

“Beberapa yang harus kita upayakan untuk meningkatkan indeks inovasi daerah pada tahun 2022 ini, selain jumlah inovasi yang dilaporkan, juga kematangan inovasi itu sendiri. saya tegaskan kepada semua skpd, camat, upt, lurah dan kepala kampung untuk terus menggali inovasi-inovasi yang ada dipenyelenggaraan pemerintahan pada setiap SKPD, dengan penguatan dokumentasi sebagai eviden base kematangan inovasi daerah,”katanya

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan, terutama dirinya sangat mendukung adanya inovasi daerah dan berkomitmen terus melaporkan inovasi daerah ke kementerian dalam negeri melalui BRIN sesuai Amanat Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi daerah, dan Permendagri Nomor 104 Tahun 2014 tentang penilaian dan pemberian penghargaan dan/atau insentif inovasi daerah.

Lanjutnya, Adipati juga telah menginstruksikan dari awal tahun 2022 kepada semua jajaran SKPD untuk mengirimkan laporan inovasi daerah minimal 2 inovasi, untuk kecamatan dan UPT minimal 1 inovasi, serta mendorong dan mengaktifkan kembali bursa inovasi desa/kampung guna mendukung IID di kabupaten Waykanan.

 “Saya harapkan dan tegaskan kepada bapak/ibu kepala SKPD, camat, kepala UPT, lurah dan kepala kampung untuk terus berkomitmen meningkatkan inovasi daerah, baik dalam bidang tata kelola pemerintahan, pelayanan publik terutama terhadap masyarakat, juga inovasi-inovasi lainnya yang mendukung performa dan kinerja pemerintah Kabupaten Waykanan menuju masyarakat Waykanan unggul dan sejahtera,” tegas Bupati.