Dua kapal disiapkan untuk angkutan Lebaran di Pelabuhan Panjang, Lampung

id Kesiapan lebaran, angkutan lebaran, pelabuhan panjang,Kesiapan kapal

Dua kapal disiapkan untuk angkutan Lebaran di Pelabuhan Panjang, Lampung

Ilustrasi- Kapal Dobonsolo yang digunakan untuk mengangkut pemudik pada arus mudik Lebaran 2023 silam. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung menyatakan bahwa akan ada dua kapal yang disiapkan untuk operasional angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Panjang, Lampung.
 
"Berdasarkan informasi terakhir pada periode angkutan Lebaran di Pelabuhan Panjang nanti, akan disiapkan dua kapal guna membantu operasional," ujar Kepala BPTD Kelas II Lampung Bambang Siswoyo di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan dua kapal yang disiapkan untuk operasional tersebut salah satunya adalah KMP Panorama.

"Sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan kesiapan pengoperasian kapal di Pelabuhan Panjang sudah bisa dilakukan pada Rabu besok. Jadi tidak perlu menunggu arus puncak ini juga dilakukan dalam rangka antisipasi lonjakan kendaraan pemudik," kata dia.

Dia menjelaskan direncanakan pula bila ada penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Panjang juga bisa digunakan untuk menampung kendaraan roda empat.

"Kapal sudah siap pastinya harus sudah siap semua, kalau memang penuh di Bakauheni kendaraan roda empat bisa lewat Pelabuhan Panjang. Karena kemarin Pelindo sudah menyiapkan area keluar masuk, lalu area tunggu untuk menunggu kapal bersandar sebab seperti yang diketahui perjalanan kapal cukup lama bisa 4-5 jam," ucap dia.

Menurut dia, nantinya saat periode angkutan Lebaran, Pelabuhan Panjang akan melayani penyeberangan menuju ke Pelabuhan Ciwandan. Dan selain untuk mengangkut kendaraan roda empat serta sepeda motor rute itu juga bisa melayani angkutan barang.

"Kalau benar-benar penuh angkutan barang bisa melalui Pelabuhan Panjang juga, dan untuk kapal tambahan akan dibicarakan kembali kalau memang kendaraan yang melalui Pelabuhan Panjang sangat banyak ada kemungkinan ditambah," tambahnya.

Ia pun mengharapkan saat periode angkutan Lebaran dengan disiapkannya dua kapal serta segala sarana prasarana di Pelabuhan Panjang dapat mendukung kelancaran arus mudik.

"Harapannya dengan penggunaan Pelabuhan Panjang dan dua kapal yang beroperasi ini bisa membantu memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini," ucap dia