Idul Adha, Dewan Dakwah Lampung sebar ratusan hewan kurban

id dewan dakwah indonesia, idul adha, shalat id, lebaran kurban

Idul Adha, Dewan Dakwah Lampung sebar ratusan hewan kurban

Ilustrasi - Pemotongan hewan kurban (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Jumlah kurban ini merupakan hewan kurban yang diamanahkan ke Dewan Dakwah untuk disebarkan ke hingga pelosok perdesaan yang sangat jarang menerima kurban.
Bandarlampung (ANTARA) - Dewan Dakwah Lampung telah melaksanakan beberapa program guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama pelaksanaan Idul Adha tahun ini, yang salah satunya menyebar ratusan hewan kurban.

"Program andalan Dewan Dakwah Lampung pada Hari Raya Idul Adha yaitu kurban multi manfaat dan juga program tebar khatib Idul Adha," kata Direktur Laznas Dewan Dakwah Lampung Cipto Wadi, dalam keterangannya di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan tercatat hewan kurban pada program kurban multi manfaat ini yang telah disalurkan oleh Dewan Dakwah Lampung sebanyak 35 ekor sapi dan 91 ekor kambing yang tahun ini tersebar di 15 kabupaten/kota di Lampung.

“Jumlah kurban ini merupakan hewan kurban yang diamanahkan ke Dewan Dakwah untuk disebarkan ke hingga pelosok perdesaan yang sangat jarang menerima kurban. Tahun ini Dewan Dakwah rata menyebarkan ke 15 kabupaten dan kota se-Lampung," katanya.

Menurut dia, perolehan kurban tahun ini meningkat, yang memperlihatkan tanda kesadaran masyarakat untuk berbagi semakin meningkat sehingga penerima daging kurban lebih luas manfaatnya.

Sekretaris Umum Dewan Dakwah Ansori juga menyampaikan alasan mengapa kurban dewan dakwah disebar ke daerah - daerah, karena ingin mengingatkan kepada masyarakat akan syariat kurban adalah anjuran atau sunah yang dilakukan setiap tahun bagi yang mampu.

"Selain itu juga untuk menghidupkan dan menebar kepedulian dan kebersamaan masyarakat," tambahnya.

Selain persebaran hewan kuran, pada Idul Adha kali ini Dewan Dakwah Lampung juga mengadakan program sebar khatib Idul Adha.

Menurut Ketua Dewan Dakwah Lampung, K.H Mukhlis Solihin, program sebar khotib Idul Adha ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap Hari Raya Idul Adha.

Selain khotib Idul Adha, Dewan Dakwah Lampung juga membantu pengurus masjid menyiapkan khatib Jumat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khatib yang keilmuannya cukup mumpuni dan dapat memberikan kesejukan di masyarakat.

Menurut dia, sudah hampir ratusan masjid yang bekerja sama dengan Dewan Dakwah Islamiyah Lampung.

"Momen Idul Adha tentunya menjadi momen berharga bagi seluruh masyarakat muslim di dunia. Pada momen ini, kita akan diingatkan kembali bagaimana peristiwa penyembelihan Nabi Ismail oleh Nabi Ibrahim serta ketulusan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menaati perintah Allah. Momen ini juga dapat menjadi wadah masyarakat untuk berbagi kepada sesama," tambah Mukhlis.

Oleh karena itu, ia menambahkan Dewan Dakwah Lampung senantiasa terus berikhtiar agar bermanfaat bagi umat dengan memberikan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam setiap momen hari raya termasuk Hari Raya Idul Adha.

Baca juga: Plh Gubernur Lampung: Idul Adha jadi momentum peduli pada sesama

Baca juga: Kemenag Lampung: Idul Adha jadi momentum umat untuk terus bersyukur

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung sebut pengorbanan adalah bentuk perjuangan