GM Pelindo Regional 2 paparkan kesiapan Pelabuhan Panjang hadapi Lebaran

id lampung, pelindo, pelindo regional 2 panjang, pelindo panjang, pelindo reginonal 2, pelindo 2, arus mudik, mudik lebaran.

GM Pelindo Regional 2 paparkan kesiapan Pelabuhan Panjang hadapi Lebaran

GM Pelindo Regional 2 Panjang paparkan kesiapan pelabuhan Panjang hadapi arus mudik dan balik lebaran 2024 (ANTARA/HO-Pelindo)

Sama halnya pada arus mudik dan arus balik tahun 2022 dan 2023 lalu, kami bersama stakeholder berkolaborasi dalam menyukseskan arus mudik dan arus balik

Bandarlampung (ANTARA) - General Manager Pelindo Regional 2 Panjang Imam Rahmiyadi beserta jajaran manajemen menyambut kunjungan silaturahmi Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras di ruang VIP kantor setempat.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau kesiapan Pelabuhan Regional 2 Panjang yang dipersiapkan sebagai pelabuhan alternatif untuk menampung para pemudik pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi Pemerintah Provinsi Lampung dalam menghadapi lonjakan yang diperkirakan akan terjadi. Sebagai jalur alternatif, Kementerian Perhubungan telah mempersiapkan rute Pelabuhan Panjang - Pelabuhan Ciwandan Banten.

General Manager Imam Rahmiyadi menyebutkan bahwa Pelindo Regional 2 Panjang selaku Operator Pelabuhan telah mempersiapkan berbagai fasilitas utama dan fasilitas penunjang dalam menghadapi pemudik.

"Kami selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam hal mempersiapkan diri baik dari aspek fasilitas dan sumber daya manusia. Sama halnya pada arus mudik dan arus balik tahun 2022 dan 2023 lalu, kami bersama stakeholder berkolaborasi dalam menyukseskan arus mudik dan arus balik," kata Imam.

Selanjutnya, ia mengatakan Pelabuhan Regional 2 Panjang telah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti ruang tunggu penumpang, mushala, ruang laktasi, toilet portabel serta tenda. Bahkan ruang tunggu tambahan disiapkan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah penumpang, hingga penambahan personel keamanan,

Selain itu, disediakan pula area pendukung yakni Lapangan 005 D (buffer area) dengan luas 13.652 m2 yang dapat menampung total seribu lebih unit kendaraan pemudik. Sarana tersebut untuk menjamin agar para penumpang tetap aman, nyaman, sehat, dan lancar selama periode mudik Lebaran tahun 2024 ini.

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras menyampaikan apresiasi kepada segenap stakeholder maritim, terutama kepada Pelindo selaku operator pelabuhan yang berperan aktif mendukung program pemerintah dalam menyukseskan kelancaran arus mudik dan arus balik di Pelabuhan Regional 2 Panjang.

"Kami siap untuk berkoordinasi dan berkolaborasi secara aktif, bersama insan maritim Pelabuhan Regional 2 Panjang demi kelancaran kegiatan yang masih sama-sama kita nantikan instruksi lanjutannya. Yang terpenting menurut kami kesiapan yang dilakukan sudah memenuhi kriteria agar kegiatan tersebut berjalan lancar aman dan tertib," ujar Abdul Waras.

Kegiatan ini ditutup dengan acara buka bersama seluruh peserta yang hadir untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi dalam menyukseskan giat mudik Idul Fitri 1445 H sesuai inisiasi Kementerian Perhubungan yakni "Mudik Ceria, Penuh Makna".

Baca juga: Pelindo Regional 2 Panjang siap layani arus mudik Lebaran 1445 Hijriah

Baca juga: Dewan Komisaris Regional 2 PT Pelindo kunjungi Pelindo Panjang Lampung

Baca juga: Pelindo Lampung tingkatkan pengelolaan pelabuhan yang ramah lingkungan