Kunjungan wisatawan ke Kota Bandarlampung naik 30 persen di libur Lebaran

id Lampung,Bandarlampung,Wisatawan,Dispar Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung

Kunjungan wisatawan ke Kota Bandarlampung naik 30 persen di libur Lebaran

Ilustrasi: Salah satu lokasi wisata di Kota Bandarlampung ramai dikunjungi saat hari libur. (ANTARA/HO)

Tapi memang kenaikan jumlah kunjungan wisatawan saat libur lebaran adalah hal yang biasa, mengingat Bandarlampung adalah Ibu Kota Provinsi Lampung, kata dia
Bandarlampujg (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung, mencatat kunjungan wisatawan di kota ini naik 30 persen selama libur Lebaran 1445 Hijriah dibandingkan hari libur biasa.

"Data kami ada kenaikan kunjungan wisatawan 30 persen dibanding pada hari libur biasa," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung Adiansyah, di Bandarlampung, Selasa.

Dia menyebutkan saat libur Lebaran 2024 jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Bandarlampung mencapai 56 ribu orang lebih, meskipun memang lokasi wisata di kota ini tidak sebanyak di daerah lain di Provinsi Lampung.

"Tapi memang kenaikan jumlah kunjungan wisatawan saat libur lebaran adalah hal yang biasa, mengingat Bandarlampung adalah Ibu Kota Provinsi Lampung," kata dia.

Menurutnya, meningkatnya kunjungan wisatawan di Bandarlampung, karena kebanyakan pelancong ini menginap di hotel-hotel yang ada di Bandarlampung sebelum berwisata ke lokasi-lokasi di daerah Provinsi Lampung.

"Jadi memang mereka ini menginap di Bandarlampung dan juga berwisata kuliner di sini, tapi kalau untuk berwisata biasanya ke daerah lain walaupun wisata alam yang ada di sini pun tidak kalah bagusnya," kata dia.

Adiansyah mengatakan wisatawan yang datang ke Bandarlampung masih didominasi oleh orang lokal terutama dari Pulau Sumatera, seperti Sumatera Selatan, Jambi, dan sekitarnya.

"Tapi ada juga dari Jakarta, dan lainnya namun tidak terlalu banyak. Tetap dari Palembang masih lebih mendominasi untuk wisatawan pada libur Lebaran 2024," kata dia.