Polisi dan TNI pastikan pengemasan surat suara aman di Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,TNI polri ,KPUD

Polisi dan TNI pastikan pengemasan surat suara aman di Lampung Selatan

Suasana saat Kapolres AKBP Yusriandi Yusrin bersama Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin mengecek lokasi pengemasan surat suara pemilu. (ANTARA/HO-Humas Polres Lampung Selatan)

Mudah-mudahan dalam dua minggu ke depan selambat-lambat-nya, semua proses ini sudah selesai

Lampung Selatan (ANTARA) - Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, dan Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin, memastikan proses pengemasan surat suara di gudang logistik KPU daerah tersebut berlangsung aman.

"Mudah-mudahan dalam dua minggu ke depan selambat-lambat-nya, semua proses ini sudah selesai, sambil menunggu instruksi dari KPU pusat terkait pendistribusian ke PPK," kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, di Kalianda, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya telah menurunkan sebanyak 20 personil didampingi oleh pihak KPU dan Bawaslu untuk melakukan pengamanan secara ketat proses pengemasan surat suara

Kapolres juga memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dan berkomitmen akan mengamankan proses jalannya tahapan pemilu hingga selesai.

"Kami dari Polres dan Kodim 0421 komitmen terus bersama-sama mengamankan pemilu agar berjalan dengan aman," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin turut memperhatikan kesehatan dan keamanan petugas yang melakukan pengemasan untuk kelancaran tahapan pemilu tepat waktu.

"Dari pengecekan dari gudang KPU, pada dasarnya kalo kita lihat semua sudah siap, mudah-mudahan personil yang melaksanakan pengemasan ini diberikan kesehatan, keselamatan, kita juga pastikan dari segi keamanan mereka benar-benar dijaga keamanan-nya, sehingga harapannya bisa tepat waktu dan pemilu berjalan dengan damai, aman dan kondusif," kata Dandim.

Untuk diketahui, kegiatan pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh proses pengemasan dan kemudian distribusi logistik pemilu dapat dilakukan tepat waktu, aman dan terkendali.

Keamanan petugas yang terlibat dalam proses ini juga menjadi fokus, untuk memastikan kelancaran tahapan pemilihan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU Bandarlampung: Tiga kotak suara rusak saat perakitan

Baca juga: Polda Lampung lakukan pengecekan persiapan Pemilu di gudang kotak suara

Baca juga: KPU Bandarlampung siapkan dua gudang penyimpanan logistik