KPU Bandarlampung siapkan dua gudang penyimpanan logistik

id Lampung,KPU Bandarlampung,Logistik,Kotak suara

KPU Bandarlampung siapkan dua gudang penyimpanan logistik

Logistik kota suara mulai masuk ke gudang yabg disiapkan oleh KPU Bandarlampung. Senin, (23/10/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung  menyiapkan dua gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024 yakni di Sekretariat KPU dan gudang Badan Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPPLH) kota setempat.

"Gudang di belakang Kantor KPU Bandarlampung kami siapkan untuk dua dapil yakni dapil 4 dan 5. Sementara gudang di BPPLH untuk dapil 1,2,3,6," kata Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi, di Bandarlsmpung, Senin.

Menurutnya, pembagian tersebut guna menyesuaikan kapasitas masing-masing gudang dalam penyimpanan kotak suara untuk lima jenis surat suara Pemilu 2024.

"Total jumlah TPS di daerah pemilihan (Dapil) Bandarlampung 4 dan 5 sebanyak 974 TPS. Dimana per TPS mendapatkan lima kotak suara. Kalau dikalikan lima kotak suara itu sebanyak 4.870 kotak suara," kata dia.

Sedangkan, lanjut dia, untuk jumlah TPS di empat dapil lainnya sebanyak 1.906 TPS, sehingga, kotak suara di yang disimpan gudang BPPLH sebanyak 9.530 kotak suara.

"Gudang kami pastikan aman, tidak bocor, dan banjir, termasuk pengamanan 24 jam dari pihak kepolisian. Mereka akan membangun posko di KPU," kata Dedy.

Ia mengatakan bahwa proses pengadaan logistik pemilu dilakukan secara bertahap melalui e-katalog sesuai instruksi KPU RI.

"Pada tahap pertama ini terkait pengadaan kotak suara dan kami sedang menunggu di akhir bulan ini antara tanggal 22-23 Oktober," kata dia.

Dia menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan skenario penyimpanan hingga pendistribusian logistik pemilu tersebut, mulai dari skenario penyimpanan termasuk untuk proses sortir, pelipatan, packing, serta distribusi.

"Untuk Kotak suara Pemilu 2024 dijadwalkan tiba hari ini di KPU Kota Bandarlampung," kata dia.