KPU Bandarlampung: Tiga kotak suara rusak saat perakitan

id Lampung,Bandarlampung,Pemilu 2024,Pemilu,KPU Bandarlampung

KPU Bandarlampung: Tiga kotak suara rusak saat perakitan

Petigas sedang merakit dan menyusun kotak suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Bandarlampung, Lampung, Rabu (3/4/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Untuk kotak suara yang sudah selesai dirakit kurang lebih sudah 25 persen dari 14.440 unit, tambah Fery
Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menemukan tiga kotak suara Pemilu 2024 dalam kondisi rusak saat perakitan di gudang.

"Selama proses perakitan, terdapat tiga kotak suara dalam kondisi rusak," kata anggota KPU Kota Bandarlampung Fery Triatmojo di Bandarlampung, Lampung, Rabu.

Dia menyebutkan ketiga kotak suara tersebut rusak karena berada dalam kondisi tidak memiliki jendela dari bahan plastik polyvinyl chloride (PVC) berwarna bening atau transparan, jendela pecah, dan satu kotak suara tidak memiliki klep pengait.

"Untuk kotak suara yang sudah selesai dirakit kurang lebih sudah 25 persen dari 14.440 unit," tambah Fery.

KPU Kota Bandarlampung hingga kini masih terus melaksanakan tahap pelipatan surat suara dan perakitan kotak suara di gudang logistik milik Badan Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPPLH) Pemerintah Kota Bandarlampung.

"Untuk surat suara yang ada di gudang logistik milik KPU, kami telah menyelesaikannya; sedangkan pelipatan surat suara di gudang logistik milik BPPLH untuk daerah pemilihan 1, 2, 3, 6 masih berlangsung," kata dia.

Terkait surat suara pilpres dan pemilihan anggota DPD RI, Fery mengatakan KPU Kota Bandarlampung akan menerima logistik tersebut dari percetakan PT Gramedia Cikarang dalam waktu dekat.

"Berdasarkan informasi, mereka akan melakukan pengiriman serentak untuk dua surat suara itu di tanggal 4 Januari 2024. Kami prediksikan dua atau tiga hari dari itu sudah sampai," ujar Fery.