Listrik PLN tanpa kedip di gelaran World Surf League Krui Pro 2023

id pln, krui pro, listrik tanpa kedip, wsl 2023

Listrik PLN tanpa kedip di gelaran World Surf League Krui Pro 2023

Peselancar di ajang World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Minggu, 5 November 2023 sore, sejumlah peselancar mancanegara terlihat bak menari-nari menikmati sensasi ombak besar di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Di sela sela pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai, gelombang laut meliuk-liuk bak penari, menantang peselancar memacu adrenalinnya.

Jesi (23) peselancar asal Australia, ini kemudian berjalan di atas pasir putih bersih yang menghampar di sepanjang pantai. Tangan kanan peselancar ini mengapit sebuah papan seluncur setelah usai menikmati sensasi ombak besar di Pantai Tanjung Setia .

Jesi mengaku, dirinya sangat menyukai ombak yang ada di pantai Pesisir Barat, Lampung ini.

"Saya sangat suka ombak di sini, dan sudah dua kali mengikuti Kejuaraan Internasional World Surf League (WSL) Krui Pro, yakni tahun 2022 dan tahun 2023 lalu. Mungkin tahun depan saya ikut lagi,” katanya pula.

Menurutnya, Pantai Tanjung Setia dijadikan lokasi Kejuaraan Internasional World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 yang terkenal dengan ombaknya sangat cocok untuk berselancar.

Ombak Pantai Tanjung Setia memiliki ketinggian berkisar antara 6-7 meter, dan memiliki jenis ombak yang sangat panjang mencapai 200 meter, merupakan salah satu spot selancar terbaik di dunia.

Kabupaten Pesisir Barat, Lampung sendiri merupakan sebuah lokasi surga bagi para selancar di ajang  World Surf League (WSL)

Krui Pro 2023. Tak hanya hanya menjadi ajang kompetisi selancar papan atas dunia, tetapi acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat ini juga mampu mengangkat pariwisata dan budaya Lampung ke tingkat yang lebih tinggi.

Gelaran event internasional itu berlangsung sejak 12-18 Juni 2023 lalu, di Pantai Tanjung Setia itu menjadi saksi dari aksi luar biasa peselancar internasional yang menjajal ombak Krui yang terkenal.

Para peserta akan bertarung sengit, menguasai setiap gelombang dengan keahlian dan ketangguhan mereka. Ombak-ombak yang mempesona dan tantangan yang dihadapinya menjadikan event ini tidak hanya berkelas, tetapi juga menarik minat wisatawan dari banyak negara.

Kejuaraan WSL Krui Pro itu mendapatkan dukungan pemerintah, swasta maupun pemangku kepentingan lainnya, untuk meningkatkan kunjungan wisata dana perekonomian di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Ajang WSL Krui Pro 2023 yang berlangsung sukses itu tak lepas dari dukungan berbagai pihak salah satunya PT PLN (Persero). Kerja keras PT PLN (Persero) dalam menyediakan pasokan listrik andal dalam penyelenggaraan World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 di Kabupaten Pesisir Barat membuahkan apresiasi dari pemerintah kabupaten, masyarakat maupun pelaku usaha pariwisata setempat.

PT PLN (Persero) sukses memasok listrik andal untuk gelaran liga selancar dunia atau World Surf League (WSL) Krui Pro 2023, yang diadakan di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada 12 hingga 18 Juni 2023.

Perhelatan akbar para peselancar dunia ini diikuti oleh 289 peselancar dari 14 negara. WSL Krui Pro di tahun 2023 ini merupakan gelaran kompetisi selancar dunia tahun kelima setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2017, 2018, 2019 dan 2022.

Sukses hadirkan listrik andal tanpa kedip selama jalannya kompetisi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Saleh Siswanto mengatakan pihaknya telah berkomitmen untuk menyediakan listrik andal selama kompetisi berlangsung.

Hal ini tercermin pada pasokan listrik di lokasi-lokasi penyelenggaraan WSL Krui Pro 2023 yang hadir tanpa kedip. Beban puncak kelistrikan di Krui pada hari pertama hingga hari terakhir masih di bawah daya mampu sistem kelistrikan di Kabupaten Pesisir Barat yaitu 11 MW.

“Alhamdulillah, kami turut berbahagia atas kesuksesan gelaran WSL Krui Pro 2023. Sebagai tuan rumah di kompetisi akbar tahunan selancar dunia, kami sebagai BUMN penyedia kelistrikan telah berkomitmen untuk mendukung kesuksesan acara ini dengan menyediakan listrik yang andal,” jelas Saleh Siswanto.

Strategi kesuksesan PLN dalam memasok listrik tanpa kedip selama WSL Krui Pro 2023 berlangsung pun dijelaskan oleh Saleh Siswanto sebagai persiapan yang sangat matang mengingat acara tersebut berkelas internasional dan membawa nama baik seluruh stakeholders yang terlibat.

“Empat pekan sebelum acara berlangsung, PLN telah melakukan persiapan, mulai dari pemeliharaan jaringan listrik, penambahan gardu, penyiagaan 3 Unit Genset Bergerak, hingga Uninterruptible Power Supply (UPS) 100 kVA. Peningkatan keandalan listrik tersebut khususnya dilakukan di lokasi pelaksanaan acara hingga penginapan peserta dan tamu undangan,” terang Saleh Siswanto.

Bupati Pesisir Barat  Agus Istiqlal, turut mengapresiasi kesuksesan PLN dalam menghadirkan listrik tanpa kedip selama WSL Krui Pro 2023 berlangsung.

“Saya mewakili seluruh jajaran Pemda dan tentunya masyarakat Pesisir Barat, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PLN atas suksesnya perhelatan WSL Krui Pro 2023 yang dilaksanakan selama 7 hari di Krui. Terima kasih PLN telah menyediakan pasokan listrik andal dan memenuhi kebutuhan kelistrikan di seluruh lokasi acara,” kata Agus Istiqlal.

Apresiasi pelaku usaha dan peselancar

Salah satunya datang dari Andri Prabowo selaku Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pesisir Barat.

Andri beberapa waktu lalu menuturkan, kebutuhan listrik yang andal dan mumpuni sangat berdampak besar khususnya sektor pariwisata.

Menurutnya, dunia pariwisata seperti hotel, restoran dan kafe sangat membutuhkan pasokan listrik yang andal dan berkualitas.

"Terima kasih atas kerja keras, dedikasi, pelayanan yang all out oleh PT PLN (Persero) selama event WSL Krui Pro 2023 berlangsung sehingga kebutuhan listrik dapat terpenuhi seratus persen khususnya bagi perhotelan, restoran dan pariwisata di Pesisir Barat," ujar Andri Prabowo.

Ia menjelaskan, tersedianya pasokan listrik yang baik akan membuka peluang usaha baru, masyarakat dapat membuka usaha mulai dari usaha kecil hingga usaha menengah. Hal itu berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat.

"Saya sangat yakin bahwa investor yang akan dan  sedang membangun investasinya seperti hotel dan restoran tidak ragu lagi karena PLN hingga saat ini telah mencukupi kebutuhan listriknya di Kabupaten Pesisir Barat," tegas Andri Prabowo.

Selain itu, hal yang serupa diungkapkan Heriman Ali selaku pengelola Palma Beach and Resort Krui.

Heriman mengaku, resort yang dikelolanya itu baru beroperasi selama dua hari sebelum event WSL Krui Pro 2023 berlangsung. Ditambahkannya, seluruh hotel di Krui telah "full booked" menjelang perhelatan selancar internasional tersebut.

"Kebetulan saat menjelang penyelenggaraan WSL Krui Pro 2023, seluruh Krui telah full booked terkaithotel, tentunya itu karena kontribusi dan peran dari PLN," jelasnya.

PLN telah memberikan dukungan yang luar biasa khususnya penyediaan kebutuhan listrik yang andal baik itu bagi dunia usaha dan masyarakat sekitarnya.

"Dukungan PLN bukan hanya dirasakan manfaatnya bagi resort kami, tetapi juga bagi masyarakat yang ada di sepanjang Pantai Mandiri. Kerja keras PLN sangat membantu sekali,"  ujar Heriman Ali.

Apresiasi juga datang dari Sekretaris Jenderal Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Tipi Jabrik yang juga merupakan peselancar Pro asal Indonesia yang sudah mengantongi berbagai gelar juara di kejuaraan selancar dunia. Menurutnya, gelaran WSL Krui Pro 2023 tidak akan menuai kesuksesan tanpa hadirnya listrik andal PLN.

“Untuk event Krui Pro 2023 ini, listrik merupakan salah satu komponen terpenting dalam kesuksesan acara ini. Saya mewakili seluruh jajaran panitia WSL Krui Pro 2023 sangat mengapresiasi kerja keras PLN dalam menghadirkan listrik tanpa kedip selama kompetisi berlangsung,” ucap Tipi Jabrik

Hal yang sama juga disampaikan oleh peselancar Bronson Meydi.

Peselancar asal Indonesia yang berhasil meraih juara pertama dari kelas Junior Men's itu, mengatakan bahwa dukungan PLN atas pelaksanaan WSL Krui Pro sangat bagus.

Dia menambahkan bahwa peran listrik sangat membantunya dan juga seluruh peserta.

Menurutnya, karena ketersediaan listrik yang baik, maka kompetisi internasional semacam WSL Krui Pro itu dapat dilihat semua orang diseluruh belahan dunia yang dapat diakses melalui televisi, media sosial ataupun teknologi internet.

"Soalnya tanpa itu (listrik) orang-orang atau teman-teman di luar negeri pasti nga bisa lihat kompetisi ini", tambah peselancar itu.

Sebagai peserta, dia merasa sangat bersyukur dan senang karena ajang kejuaraan selancar berkelas dunia seperti WSL Krui Pro 2022 mendapat dukungan dari PT PLN (Persero).

"Tanpa listrik, kompetisi ini ga bakalan ada, saya sangat bersyukur dan senang," tambahnya.