Kurbanaval serukan masyarakat untuk berkurban

id Dompet Dhuafa, Kurbanaval

Kurbanaval serukan masyarakat untuk berkurban

Kurbanaval serukan masyarakat untuk berkurban. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Dengan tagline Satu Kurban Banyak Kebaikan, maka kami mengajak dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan transaksi berkurban dalam upaya meratakan kesejahteraan baik ekonomi maupun kesehatan, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah pelosok Ind
Jakarta (ANTARA) - Kemeriahan Kurbanaval yang berlokasi di Taman Literasi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu, (10/06/2023) dihadiri  sejumlah artis dan band ternama seperti The Rain, Febry Rufi, dan Marge.  Selain itu Chef Amanda menghidangkan 500 tusuk sate yang akan dibagikan kepada para masyarakat yang berkunjung di acara tersebut. Selain penampilan dari para band dan aksi Chef Amanda, Kurbanaval juga dimeriahkan oleh Workshop Melukis Kebaikan Kurban hingga Marching Band Bahana-Qu.

“Dengan tagline Satu Kurban Banyak Kebaikan, maka kami mengajak dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan transaksi berkurban dalam upaya meratakan kesejahteraan baik ekonomi maupun kesehatan, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah pelosok Indonesia," kata Mariatul Kibtiah selaku Ketua THK 1444 H.

Indonesia sejak lama mengalami kesenjangan konsumsi makanan yang lebar, yang berakar dari kesenjangan pendapatan. Kesenjangan dalam konsumsi makanan terlihat jelas pada jenis makanan penting yang harganya mahal sehingga tidak mampu dijangkau masyarakat kelas bawah, seperti daging.

Pada 2021, rata-rata penduduk di persentil tertinggi (1 persen kelas terkaya) mengonsumsi 4,52 kg daging kambing dan sapi per tahun, 230 kali lebih tinggi dari rata-rata penduduk di persentil terendah (1 persen kelas termiskin) yang hanya mengonsumsi 0,02 kg daging per tahun. (sumber IDEAS, 2022)

Dengan krisis kini yang keras menghantam terutama ke kelompok miskin, kesenjangan konsumsi daging cenderung semakin memburuk. Maka kehadiran kurban menjadi sangat berarti bagi si miskin.

Di sisi lain The Rain, juga ikut mendorong masyarakat berkurban dengan harapan dapat meratakan didistribusi ke berbagai pelosok negeri, baik daerah-daerah yang jarang bahkan belum pernah mendapatkan daging kurban. 


TENTANG DOMPET DHUAFA
 
Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.