Pemkot Bandarlampung siapkan mobil suplai air bersih antisipasi kekeringan

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,BPBD

Pemkot Bandarlampung siapkan mobil suplai air bersih antisipasi kekeringan

Arsip Foto-Kantor Banda Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kalau sudah ada permintaan dari warga, nanti segera kami kirimkan air bersih ke lokasi, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengatakan telah menyiapkan dua mobil suplai air besih guna mengantisipasi kekeringan akibat cuaca ekstrem.

"Guna mengantisipasi kekeringan terutama kekurangan air pada kemarau, BPBD telah menyiapkan dua mobil suplai untuk membantu masyarakat memenuhi ketersediaan air bersih," kata Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung, Ahmad Husna di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan cuaca ekstrem atau El Nino saat ini sudah mulai terasa di Bandarlampung pada sejumlah daerah, namun memang dampaknya tidak signifikan.

"Sejumlah lokasi sekarang sudah merasakan kekurangan air bersih seperti beberapa rumah di Gorong-Royong, Panjang, dan Gedong Air. Nah mereka sudah kami suplai air, tetapi tidak seluruhnya," kata dia.

Ia mengatakan setiap warga yang membutuhkan air bersih dapat menghubungi BPBD Bandarlampung ke nomor layanan 0721-25274.

"Kalau sudah ada permintaan dari warga, nanti segera kami kirimkan air bersih ke lokasi," kata dia.

Dia mengatakan untuk ketersediaan air bersihnya, Pemkot Bandarlampung juga sudah memiliki sejumlah penampungan yang berada di sejumlah kecamatan dan di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran.

"Kami juga selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam memenuhi air bersih antisipasi kekeringan," ucapnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyebutkan fenomena El Nino dapat memicu kekeringan di Indonesia pada musim kemarau. Fenomena El Nino ini dipengaruhi oleh suhu muka air laut Samudra Pasafik dan Indian Ocean Dipole yang dipengaruhi suhu di Samudera Hindia, dimana keduanya bersama terjadi musim kemarau.