Dokter : Belum ada obat penyakit Thalassemia

id pengmas ui,penyakit thalassemia,Penyakit kelainan darah,Antara Lampung, Lampung Update

Dokter : Belum ada obat penyakit Thalassemia

Kegiatan Pengmas UI memebrikan edukasi kepada warag labuan Bajo NTT (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Donny Naupar, B.Sc., M.Si.Med, menyatakan penyakit kelainan darah, Thalassemia yang dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya, hingga saat ini belum ada obatnya.

"Untuk memeriksa Thalassemia dapat dilakukan pemeriksaan darah lengkap, tes genetik, dan elektroforesis hemoglobin," kata Donny Naupar dalam keterangannya, Sabtu.

Thalassemia merupakan penyakit gangguan pembentukan bahan pengangkut oksigen (hemoglobin) yang ada di dalam sel darah merah, sehingga sel darah merah mudah pecah.

Untuk itu FKUI melakukan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dengan memberikan edukasi berupa penyuluhan dan konsultasi warga Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur untuk menekan angka penyakit kelainan darah atau Thalassemia.

Pengmas yang dilakukan di Labuan Bajo ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang darah dan penyakit darah kepada masyarakat, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit tersebut.