Di Pulau Simeulue, harga TBS sawit Rp800 per kg

id Aceh,TBS,tandan,buah,segar,sawit,Simeulue,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh

Di Pulau Simeulue, harga TBS sawit  Rp800 per kg

Dokumentasi - Pekerja mengumpulkan kelapa sawit di Desa Mulieng Manyang, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Aceh. ANTARA/Rahmad

Banda Aceh (ANTARA) - Kalangan petani di Pulau Simeulue, Provinsi Aceh, menyebutkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mulai naik dari Rp500 menjadi Rp800 per kilogram.

"Kenaikan harga TBS sawit di tingkap agen pengumpul ini sudah berlangsung sejak sepekan terakhir. Kini, harga TBS sawit Rp800 per kilogram dari sebelumnya Rp500 per kilogram," kata Jupri (46), petani sawit di Simeulue, Kamis.

Menurut Jupri, kenaikan harga TBS sawit tersebut membuat petani kembali bergairah. Sebelumnya, petani sempat lesu dengan harga Rp500 per kilogram. Sebab, dengan harga tersebut tidak bisa menutupi biaya perawatan, pupuk, maupun upah pekerja untuk panen.

"Kami mengharapkan pemerintah mampu menjaga kestabilan harga TBS sawit. Kami juga berharap harga TBS sawit bisa kembali ke harga Rp2.700 per kilogram," kata Jupri menyebutkan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.