Lotte Mart terus mengajak pelanggannya berkurban di Dompet Dhuafa

id Lotte Mart terus mengak pelanggannya berkurban di Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa

Lotte Mart terus mengajak pelanggannya berkurban di Dompet Dhuafa

Lotte Mart terus mengak pelanggannya berkurban di Dompet Dhuafa. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa

Saya melihat dan bersaksi bahwa perjuangan teman-teman Dompet Dhuafa sangat luar biasa dalam mendistribusikan daging dan hewan kurban ke pelosok-pelosok nusantara, ujar Aliyah Sayuti
Jakarta (ANTARA) - Sejak tahun 2017, Lotte Mart sudah turut aktif menggaungkan program Tebar Hewan Kurban (THK) bersama Dompet Dhuafa. Tahun 2022 ini menjadi tahun kelima kolaboraksi apik ini. Tahun 2021 lalu, sebanyak 250 ekor setara domba atau kambing (doka) telah berhasil dihimpun untuk THK. Jika dihitung sejak tahun 2017, Lotte Mart bersama Dompet Dhuafa telah berhasil menyalurkan sebanyak 2.100 ekor hewan kurban kepada para dhuafa di pelosok-pelosok negeri. 

Kembali ingin memantik semangat para pelanggannya untuk berkurban, Lotte Mart dan Dompet Dhuafa menggelar acara Kurbanaval di Lotte Mall Bintaro, Tangerang Selatan, pada Minggu kemarin (26/6/2022). 

Acara dengan tajuk Semarak Kurban Dompet Dhuafa #KurbanKuy di Lotte Mart tersebut dihadiri oleh para jajaran petinggi Lotte Mart yaitu Feri Rahman Saputra selaku Fresh Food Director Lotte Mart Indonesia, Ronny Lisapaly dan Dahri Virdian Djauhari selaku Regional Manager, Iwan Juanda selaku Store Manager,  Y. Kuncoro Hadi selaku Manager Merchandise, Sumardi selaku Divisi Manager. Juga dihadiri oleh Etika Setiawanti selaku Direktur Resource Mobilization (Remo) Ziswaf Dompet Dhuafa, Faqih Syarafaddin selaku GM Remo Dompet Dhuafa, Aliyah Sayuti sebagai Volunteer Specialist Dompet Dhuafa, dan Ustadz Erick Yusuf.

Etika Setiawanti dalam sambutannya menyampaikan, Dompet Dhuafa merasa senang setiap tahun dapat terus berkolabrasi dengan Lotte Mart sebagai upaya menghadirkan solusi kemudahan berkurban. Terdapat tiga value manfaat THK yang diusung oleh Dompet Dhuafa. Pertama adalah nilai spiritual, sebab berkurban adalah salah satu ibadah yang disyariatkan Islam. 

Dari riset tahun 2021, ada dua juta pekurban di Indonesia yang tercatat. Ini merupakan potensi yang besar untuk menfasilitasi para pekurban untuk dapat mendistribusikan hewan kurban secara merata di seluruh Nusantara. Yang kedua adalah nilai sosial, artinya pendistribusian THK mampu menjangkau masyarakat-masyarakat dhuafa hingga ke pelosok-pelosok. 

Yang ketiga kesejahteraan ekonomi, dengan fakta bahwa THK telah banyak mengangkat kesejahteraan para peternak daerah. 

Dompet Dhuafa juga menjamin bahwa hewan yang dipesan oleh para pekurban dan donatur adalah hewan yang benar-benar layak kurban sesuai tuntunan syariat Islam.

“Target 40.000 hewan kurban pada THK tahun 2022 ini semoga dapat kita capai salah satunya dengan kerjasama Lotte Mart. Dompet Dhuha memberikan garansi bahwa hewan yang dikurbankan di Dompet Dhuafa telah melalui proses Quality Control (QC) yang ketat dan yang pasti bebas penyakit PMK maupun penyakit lainnya. Dompet Dhuafa Juga menggait pemerintah dan dinas peternakan terkait untuk memastikan hewan-hewan ini sehat," katanya.

Feri Rahman Saputra mengajak masyarakat terutama para pelanggannya untuk tidak ragu ikut berkurban di Dompet Dhuafa. Hadirnya THK di gerai-gerai Lotte Mart merupakan bentuk upaya memudahkan masyarakat untuk melakukan ibadah kurban. 

Ia menjelaskan bahwa saat ini pembelian hewan kurban Dompet Dhuafa melalui Lotte Mart sudah hadir di 14 toko Lotte Mart dan 7 toko Lotte Grosir. 

“Harapan kami semakin banyak lagi customer Lotte Mart yang ikut peduli kepada sesama dengan melakukan kurban di Dompet Dhuafa,” ucapnya.

Pada sesi Talkshow, Volunteer Specialist Dompet Dhuafa Aliyah Sayuti menceritakan pengalamannya saat ikut pendistribusian THK. Pada saat itu, ia bersama tim THK Dompet Dhuafa melakukan distribusi di sebuah pulau kecil di pelosok Maluku. Untuk menuju ke sana, ia harus menyeberangi perahu lokal yang menjadi transportasi utama.

Sesampainya di sana, ia menyebut tidak ada sinyal bahkan listrik. Hal yang menggelitik baginya adalah bahwa sudah sepuluh tahun warga di pulau tersebut tidak merasakan daging, apalagi ada kurban.

"Saya melihat dan bersaksi bahwa perjuangan teman-teman Dompet Dhuafa sangat luar biasa dalam mendistribusikan daging dan hewan kurban ke pelosok-pelosok nusantara," ujar Aliyah Sayuti.

Ustad Erick Yusuf turut menimpali dengan rasa syukur dengan adanya program THK. Ia mengatakan bahwa tidak semua orang mau untuk melakukan distribusi THK dengan perjuangannya yang luar biasa seperti itu. 

Dalam konsep kurban, umat muslim tidak dibolehkan untuk puasa tiga hari setelahnya. Artinya idul Adha adalah momen berbahagia bagi seluruh umat muslim di dunia. Di seluruh bagian dunia dilakukan bagi-bagi daging supaya sama-sama merasakan nikmatnya daging. 

“Dompet Dhuafa mencoba bagaimana seluruh saudara saudara muslim yang perioritas supaya mendapatkan daging kurban. Karena mereka lah memang yang seharusnya layak mendapatkan daging kurban. Strategi pemetaan daerah mana yang defisit mana yang surplus daging oleh Dompet Dhuafa sangat membantu menjalankan ibadah kurban semakin #JadiManfaat,” tegas Erick. 

Acara Kurbanaval “Semarak Kurban Dompet Dhuafa #KurbanKuy di Lotte Mart” kemudian ditutup dengan penampilan-penampilan dari HAM Entertainment. 

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022