Garinca Reza Pahlevi sosialiasi Ideologi Pancasila kepada mahasiswa di Lampung Timur

id Wawasankebangsaan,sosialisasi pancasila

Garinca Reza Pahlevi sosialiasi Ideologi Pancasila kepada mahasiswa di Lampung Timur

Berbagai elemen mahasiswa di Kabupaten Lampung Timur terdiri dari HMI, PMII, BEM STIE, DEMA Staida, mahasiswa jurusan, Formapa menerima sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Garinca Reza Pahlevi, di Kampus STIE Lampung Timur, Minggu (20/2/21). ANTARA/HO-HMI Cabang Persiapan Lampung Timur

Kita semua harus membangkitkan nilai-nilai dalam Pancasila.
Lampung Timur (ANTARA) - Berbagai elemen mahasiswa di Kabupaten Lampung Timur  terdiri dari  HMI, PMII, BEM STIE, Dema Staida, mahasiswa jurusan, Formapa menerima sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Garinca Reza Pahlevi.

Acara sosialisasi berlangsung di Kampus STIE Lampung Timur, Minggu (20/2).

"Kita semua harus membangkitkan nilai-nilai dalam Pancasila," ujar Garinca kepada peserta sosialisasi.

Ada lima gagasan di dalam Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Mahasiswa sebagai agen perubahan, harus memahami Pancasila dari hal-hal yang kecil sampai yang besar.  Sebagai mahasiswa memaknai Pancasila dari hal yang kecil bisa dengan aktif belajar, aktif berorganisasi, organisasi banyak pilihan, bisa memilih sesuai pilihannya, HMI, PMII, IMM, dan lainnya, semua bebas memilih, untuk berkembang lebih baik," ujarnya.

Garinca menegaskan, tugas mahasiswa adalah belajar dan berkarya untuk membangun negara Indonesia  kuat dan hebat di masa mendatang.

"Tentunya dengan tidak melupakan nilai-nilai agama dan Pancasila yang diajarkan para pendahulu kita," ujarnya lagi.

Narasumber lainnya, Feri Rudi Yansirona menjelaskan ideologi merupakan perangkat berpikir manusia dalam hidup berpolitik, sosial, berbangsa dan bernegara.

Adapun Indonesia menganut Ideologi Pancasila. Pancasila telah sah sebagai ideologi rssmi negara.

Oleh karena itu, penting kiranya mahasiswa mengamalkan lima sila Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya dalam kehidupan sehari-hari.

Adanya sosialisasi Pancasila kepada mahasiswa, disambut baik Koordinator Penanggungjawab Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pembentukan Cabang Persiapan Lampung Timur Muklasin.

"Mahasiswa sangat butuh sosialisasi Pancasila," ujarnya dalam sambutan pembukaan acara sosialisasi itu.

Menurut Muklasin, adanya sosialisasi Pancasila mahasiswa akan lebih memahami Ideologi negara Indonesia.

Karena berkat Pancasila, masyarakat Indonesia yang beragam dapat hidup rukun, tenteram dan damai.
Baca juga: Kakanwil minta ormas bantu cegah tumbuhnya ormas bertentangan dengan Pancasila
Baca juga: Pengamat: Pentingnya sosialisasi nilai Pancasila di ruang publik