Pasien sembuh dari COVID-19 di Aceh capai 7.699 orang

id Aceh,COVID-19,Pemprov Aceh,Virus Corona,Banda Aceh,Pasien Sembuh COVID-19,Sembuh COVID-19,Aceh Besar,Satgas COVID-19

Pasien sembuh dari COVID-19 di Aceh capai 7.699 orang

Arsip - Aktivitas tenaga medis di ruang skrining COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh, Sabtu (22/11/2020). (ANTARA/Khalis)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak dua warga Provinsi Aceh dilaporkan sembuh dari COVID-19 pada Sabtu sehingga total pasien yang dinyatakan terbebas dari virus corona jenis baru yang menyerang paru-paru manusia tersebut telah mencapai 7.699 orang.

“Alhamdulillah hari ini warga sembuh COVID-19 bertambah dua orang, yang keduanya warga Kabupaten Aceh Tamiang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Sabtu.

Selain tambahan pasien sembuh, juga terdapat 17 orang konfirmasi positif baru, meliputi warga Kota Banda Aceh 10 orang, Pidie Jaya dua orang, serta masing-masing satu orang asal Lhokseumawe, Aceh Tamiang, Aceh Baratnya ke dalam Daya, Bireuen, dan Aceh Besar.

“Ada juga pasien COVID-19 yang dilaporkan meninggal dunia satu orang dalam 24 jam terakhir, yang juga warga Kabupaten Aceh Tamiang,” katanya.

Secara akumulatif kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 9.035 orang, di antaranya 7.699 orang telah sembuh, 965 orang masih dalam perawatan atau isolasi mandiri, serta 371 orang telah meninggal dunia.

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Aceh yang akrab disapa SAG itu, menjelaskan potensi peningkatan kasus baru tidak hanya di ibu kota Banda Aceh, tetapi juga terhadap 18 kabupaten/kota lain yang merupakan zona oranye atau daerah resiko sedang penyebaran virus corona.

Begitu juga, lanjut dia, dengan daerah zona kuning atau risiko rendah seperti Kabupaten Aceh Barat Daya, Bireuen, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara, belum benar-benar aman dari ancaman COVID-19.

"Selama pandemi belum berakhir, semua kalangan diimbau menghindari kerumunan di tempat-tempat umum, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan sesering mungkin dengan memakai sabun adalah keniscayaan dalam masa pandemi ini," katanya.