Yusuf-Tulus pilih sapa masyarakat secara langsung dalam kampanye

id Pilkada,Yusuf Kohar,KPU,Bandarlampung,pilkada bandarlampung

Yusuf-Tulus pilih sapa masyarakat secara langsung dalam kampanye

Calon Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar, Minggu (26/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kami dalam kampanye ini mengambil langkah yang risikonya kecil
Bandarlampung (ANTARA) - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar-Tulus Purnomo memilih menyapa masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah dalam kampanye Pilkada 2020.

"Kami dalam kampanye ini mengambil langkah yang risikonya kecil yaitu dengan tatap muka langsung turun ke masyarakat dengan menemuinya," kata Calon Wali Kota Bandarlampung nomor urut 2, Yusuf Kohar, di Bandarlampung, Minggu. 

Ia menjelaskan bahwa cara kampanye dengan berkeliling diambilnya guna menghindari kerumunan massa, untuk mencegah penyebaran COVID-19, dibandingkan dengan mengumpulkan orang di suatu titik tertentu yang risikonya lebih besar.

Namun, ia mengakui bahwa pihaknya pun tetap mengurus izin kampanye tatap muka berserta titik kegiatannya ke ke Satgas COVID-19 dan kepolisian.

"Kita juga buat semua izin untuk tatap muka, termasuk izin titiknya, tapi kami lihat dulu itu berisiko atau tidak. Jika itu berisiko dan nanti melanggar protokol kesehatan lebih baik kami tunda kampanye terbatasnya dan berkeliling ke rumah-rumah saja, yang penting tidak melanggar zona yang telah disepakati bersama KPU," ujarnya pula.

Dia mengatakan dalam setiap berkeliling menyapa masyarakat, dirinya bersama tim pemenangan selalu mengajak masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas, sehingga tidak tertular COVID-19 serta membagikan masker, hand sanitizer atau sabun serta face shield.

Selain itu, Yusuf juga mengungkapkan akan memaksimalkan kampanye dengan menggunakan media sosial dalam penyampaian visi dan misinya.

"Kampanyekan macam-macam, karena rapat berskala besar tidak diperbolehkan lagi sebab  COVID-19 tentunya selain berkeliling sesuai zona, media sosial juga akan kita manfaatkan baik itu dari facebook, youtube maupun instagram," ujarnya pula.

Pemilihan Wali Kota Bandarlampung 2020 diikuti tiga pasangan, yaitu Rycko Menoza dan Johan Sulaiman nomor urut 1, diusung Partai Golkar dan PKS, nomor urut dua pasangan M Yusuf Kohar dan Tulus Purnomo Wibowo diusung Partai Demokrat, PAN, PKB, Perindo, dan PPP, dan pasangan Eva Dwiana dan Deddy Amarullah nomor urut 3 yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan NasDem.

Pilkada Serentak 9 Desember 2020 di Provinsi Lampung terdapat pada 8 kabupaten dan kota, yaitu Kota Bandarlampung, Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Waykanan, Pesawaran, dan Kabupaten Pesisir Barat.

Baca juga: Eva-Deddy maksimalkan kampanye tatap muka meski hanya dihadiri 50 orang
Baca juga: Deklarasi kesepakatan bersama pilwakot Bandarlampung aman, damai dan sehat
Baca juga: Yutuber siap patuhi protokol kesehatan sesuai aturan di masa pilkada