Warga rayakan Lebaran dengan sukacita

id Corona, Idul Fitri, warga lampung

Warga  rayakan Lebaran dengan sukacita

Suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri ditengah pandemi COVID-19, Bandarlampung, Ahad (24/5/2020). (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Warga Bandarlampung merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan suka cita.

"Hari ini kami merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah saja, dari takbiran hingga Shalat Id semua dilakukan di rumah," ujar salah seorang warga Bandarlampung, Agustina di Bandarlampung, Ahad.

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai persebaran COVID-19.

"Sejak pandemi memang kami mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti hari ini kami merayakan Idul Fitri cukup di dalam rumah bersama keluarga, bahkan tadi malam takbir keliling yang biasanya dilakukan oleh anak-anak muda digantikan dengan mobil pengeras suara yang berkeliling kampung, " katanya.

Hal serupa juga dikatakan oleh seorang warga Bandarlampung Fachrudin.

"Saya kebetulan tidak bisa pulang ke Jakarta karena pandemi COVID-19, sehingga perayaan Idul Fitri dilakukan bersama dengan teman satu kos," ujarnya.

Menurutnya, meski perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya sebab dirayakan jauh dari keluarga dirinya merasa bersyukur dapat merayakan bersama teman.

"Tetap bersyukur sebab masih diberi kesehatan, masih bisa makan rendang dan ketupat bersama teman, namun memang tidak dapat dipungkiri masih banyak masyarakat yang nekat bepergian mengunjungi rumah sanak saudara pada hari ini," ujarnya.

Perayaan Idul Fitri di Kota Bandarlampung dirayakan dengan beragam cara oleh masyarakat, ada sejumlah masyarakat yang memilih merayakan di rumah saja, namun ada pula yang memilih bersilaturahmi ke rumah sanak keluarga meski di masa pandemi COVID-19.*