Ketua TPP PKK Waykanan sosialisasi pencegahan pelecehan terhadap anak

id Lampung, waykanan, pelecehan seksual

Ketua TPP PKK Waykanan sosialisasi pencegahan pelecehan terhadap anak

Ketua TP PKK Waykanan, Dessy Afrianti Adipati melakukan sosialisasi pelecehan seksual terhadap anak kepada masyarakat Kecamatan Buay Bahuga (Foto : Antaralampung/doc/Waykanan)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua TP-PKK Kabupaten Waykanan Dessy Afriyanti Adipati melakukan sosialisasi tentang pencegahan tindakan dan pelecehan seksual terhadap anak yang pelaksanaannya dilakukan di Kampung Bumi Harjo, Kecamatan Buay Bahuga.

“Peran penting dari orang tua salah satunya adalah untuk selalu mendampingi, menjaga, dan memantau anak, terutama ketika anak sedang bermain di luar rumah dan ketika anak bermain handpone juga harus diawasi dan diarahkan ke hal yang baik-baik karena pengaruh teknologi sekarang ini sangatlah besar dalam membangun proses pertumbuhan anak,”Kata Dessy AFrianti Adipati, di Waykanan. Kamis.

Menurutnya, kepada para orang tua untuk membiasakan mengajak komunikasi dan memberikan perhatian lebih terhadap anak, sehingga anak-anak akan merasa dekat dan tidak meminta bantuan orang lain dalam mencari solusi tetapi ke orang tua terlebih dahulu.

“Sebagai orang tua sebaiknya kita harus selalu mendampingi anak kita, mengajak komunikasi dan memberikan perhatian lebih terhadapnya sehingga anak akan merasa dekat dan menceritakan keluhkesahnya terhadap orang tua bukan kepada orang lain,” kata Dessy yang juga istri dari Bupati Waykanan Raden Adipati Surya itu.

Dessy menjelaskan, jika terjadi sesuatu tindak kekerasan atau pelecehan terhadap anak harus segera melaporkan ke pihak yang berwajib agar segera di tindak lanjuti dan pelaku dapat dihukum berat. Serta kepada keluarga dan tetangga dapat memberikan dukungan kepada korban.