Bupati Waykanan siap implementasikan kerja sama IIB Darmajaya dalam pengembangan SDM ASN

id lampung, darmajaya, dj

Bupati Waykanan siap implementasikan kerja sama IIB Darmajaya dalam pengembangan SDM ASN

Bupati Way Kanan Siap Implementasikan Kerjasama IIB Darmajaya dalam Pengembangan SDM ASN (ANTARA/HO-Darmajaya)

Perkuliahan dilaksanakan pada Jumat malam dan hari Sabtu dengan blended learning, 50 persen tatap muka dan 50 persen daring, imbuhnya

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Waykanan, Lampung, Raden Adipati Surya mendukung rencana kerja sama fengan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Apratur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten "Ramik Ragom" tersebut.

Hal ini disampaikan Raden Adipati Surya saat beraudiensi dengan rombongan IIB Darmajaya  yang  dipimpin Wakil Rektor III Muprihan Thaib di ruang kerja bupati, Senin.

Selain itu, hadir pula Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Sutedi, Kepala Biro Humas, Pemasaran, dan Kerja Sama Dian Eka Darma Wahyuni, Senior Staf Kerja Sama Ketut Artaye. Sementara  Bupati Waykanan didampingi Kepala BKPSDM Way Kanan, Andika Saputra, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Way Kanan Ixuan Ahmadi, S.Sos., Kepala Bagian Kerja Sama Muhammad Darwis, dan Kepala Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Satria.

Wakil Rektor III Muprihan Thaib  mengatakan kumjungan silahturahmi itu bertujuan untuk peningkatan SDM ASN Kabupaten Waykanan.

“IIB Darmajaya mendapatkan izin menggelar Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) kepada masyarakat dalam peningkatan kompetensi,” kata Muprihan seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Menurut dia, izin Program RPL diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

“IIB Darmajaya merupakan kampus pertama di Provinsi Lampung membuka Program RPL sekaligus diamanahkan hibah Program RPL untuk lima program studi,” kata dia.

Lima program studi tersebut, lanjut dia, untuk Program Strata Satu (S1) Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer.

“Selain program sarjana, IIB Darmajaya juga membuka Program RPL untuk pascasarjana Magister Manajemen (MM) dan Magister Teknik Informatika (MTI). Program RPL merupakan pengakuan dari pekerjaan yang dikonversi ke SKS hingga 60 SKS,” kata dia.

Menurut Muprihan, untuk jenjang sarjana program ini hanya ditempuh dalam waktu dua tahun dan pascasarjana selama satu tahun.

“Perkuliahan dilaksanakan pada Jumat malam dan hari Sabtu dengan blended learning, 50 persen tatap muka dan 50 persen daring,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menyambut baik adanya Program RPL IIB Darmajaya. “Pemerintah Kabupaten Waykanan fokus dalam peningkatan kemampuan SDM,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Pemkab Waykanan sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Lampung bahkan nasional termasuk IIB Darmajaya.

“Program RPL ini sangat tepat untuk mengakui pengalaman kerja dari ASN yang sudah lama, sehingga kompetensi yang mereka miliki ini dapat diakui dengan sejumlah SKS dan memang harusnya seperti itu,” katanya.

Dia juga mengatakan waktu perkuliahan yang dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu tidak mengganggu aktivitas ASN dalam menjalankan pekerjaannya.

“Saya sangat mendukung ASN untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam pendidikan formal maupun informal. Karena SDM yang kompeten membantu percepatan pembangunan di segala bidang,” kata mantan anggota DPRD Lampung ini.