Bupati Way Kanan tekan MoU dengan IIB Darmajaya untuk tingkatkan SDM

id lampung, waykanan, darmajaya, bupati waykanan

Bupati Way Kanan tekan MoU dengan IIB Darmajaya untuk tingkatkan SDM

Bupati Waykanan tekan MoU dengan Darmajaya untuk Tingkat SDM (ANTARA/HO-Darmajaya)

Saya berharap tidak MoU saja tetapi ada turunannya. Ini yang menjadi harapan saya dengan IIB Darmajaya, ujarnya

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terus bersinergi dalam membangun pendidikan di Provinsi Lampung terus dilakukan,  salah satunya melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dan pihak IIB Darmajaya di Aula Rektorat Lantai 3, di Bandarlampung, Selasa (9/1/24).

Bupati Way Kanan langsung menandatangan   didapuk untuk memberikan kuliah umum bertema “Transparansi Akuntabilitas Publik” kepada mahasiswa The Best IIB Darmajaya.

“Kami menyambut baik dengan adanya MoU dan ini bukan pertama kali berkunjung ke kampus ini,” kata Bupati di hadapan Rektor dan civitas akademi IIB Darmajaya.

MoU ini, lanjut dia, juga sejalan dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang ditetapkan di Way Kanan yaitu Sumberdaya Manusia dan Ekonomi.

“Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi paska COVID-19 dengan memiliki kemampuan SDM yang mumpuni, ini adalah ide yang cukup baik. Karena dalam membangun pemerintahan di kabupaten dibutuhkan sumberdaya manusia yang juga harus baik,” ungkapnya.

Seperti penanganan stunting, Raden Adipati Surya mencontohkan bahwa bila memiliki SDM yang baik dan berkompeten maka penanganan dapat diatasi dengan baik.

“Ini mungkin juga tidak diperhatikan oleh kepala daerah (lain) tetapi fokus ke dalam pembangunan infrastruktur. Tetapi tidak hanya infrastruktur saja yang harus diperhatikan,” kata dia.

Raden Adipati Surya menyampaikan terima kasih kepada IIB Darmajaya.

“Jangan hanya tandatangan tetapi harus ada pelaksanaan programnya. Saya berharap tidak MoU saja tetapi ada turunannya. Ini yang menjadi harapan saya dengan IIB Darmajaya,” ujarnya.

Dalam pemaparan kuliah umum, Bupati dua periode ini juga menerangkan pelayanan publik di kabupaten berjuluk Ramik Ragom. Era digitalisasi juga menjadi salah satu faktor pendukung pelayanan publik dapat lebih efektif dan efisien.

“Tidak bisa lagi masyarakat menitipkan berkas karena mereka dapat melakukan pengurusan sendiri dengan cepat. Jadi tidak lagi karena kenalan ini atau saudara bisa diurus cepat karena semua sesuai prosedur,” imbuhnya.

Raden Adipati Surya berharap IIB Darmajaya dapat membantu pengembangan sistem informasi di Kabupaten Way Kanan. Juga menggelar studi pendidikan, workshop dan peningkatan sumber daya manusia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., siap mendukung dan bersinergi dengan Pemkab Way Kanan. Tidak hanya Way Kanan IIB Darmajaya juga telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandarlampung, Pemkab Pesawaran, Polda Lampung, serta dunia usaha dan dunia industri.

“Ini tidak lain karena komitmen kami dalam mencerdaskan masyarakat dan anak bangsa,” ucap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Tanpa peran dari pemerintah kabupaten, lanjut dia, IIB Darmajaya tidak akan berkembang lebih maju dan unggul.

“Kami sangat berharap bapak bupati mengirimkan ASN-nya untuk kuliah di Darmajaya dan memberikan beasiswa ke masyarakat Way Kanan yang ingin studi di Darmajaya. Karena kami ingin mengangkat taraf hidup masyarakat dengan higher education,” pungkasnya.