Dinas KUMK: Digitalisasi UMKM jadi perhatian khusus guna memajukan UMKM Lampung

id Digitalisasi UMKM, UMKM Lampung, dinas koperasi umkm

Dinas KUMK: Digitalisasi UMKM jadi perhatian khusus guna memajukan UMKM Lampung

Salah satu UMKM Lampung yang memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk, Bandarlampung, Rabu 12/02/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Saya sangat mendukung adanya pemanfaatan teknologi untuk pemasaran bahkan sampai ke warung, sebab akan membantu UMKM kita naik kelas, katanya

Bandar Lampung (ANTARA) - Dinas Koperasi UMKM mendorong pengembangan digitalisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Lampung, guna mencapai kemajuan dan modernisasi UMKM.

"Koperasi dan UMKM pada masa kini tidak bisa lepas dari sistem digital, sebab perkembangan zaman menuntut pelaku usaha untuk menjual produknya secara luas dan cepat, sehingga dinas telah memberikan perhatian khusus guna membawa UMKM Lampung masuk dalam fase modern, " ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Agus Nompitu, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan, salah satu bentuk peran serta pemerintah dalam memajukan UMKM Lampung yaitu dengan menyediakan tenaga konsultan, tenaga pendampingan, serta pelatihan IT.

"Kami menyediakan tenaga konsultan yang bertugas untuk membantu pelaku UMKM bila terkendala dalam mengaplikasikan teknologi untuk pemasaran produk, sehingga kita berharap UMKM Lampung dapat memanfaatkan sistem digital dengan memasarkan produk mereka secara online, " katanya.

Menurutnya, animo masyarakat dalam memanfaatkan teknologi untuk pengembangan usaha membawa iklim positif  bagi perkembangan UMKM.

"Saya sangat mendukung adanya pemanfaatan teknologi untuk pemasaran bahkan sampai ke warung, sebab akan membantu UMKM kita naik kelas, " katanya.

Respon positif penggunaan digitalisasi pada UMKM juga di katakan oleh Tri Indah Noviana salah seorang pelaku UMKM Lampung.

Menurutnya, digitalisasi UMKM sangat membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produk, dan memperluas jaringan usaha.

"Bila pemerintah daerah dapat serius mendukung dan mengembangkan UMKM, terlebih dengan memanfaatkan teknologi, UMKM dapat menjadi pasar potensial yang dapat menjadi aset daerah dan membantu perkembangan pariwisata daerah, " ujar Tri Indah Noviana, salah seorang lelaki UMKM Lampung.
 

Baca juga:UMKM Lampung kembangkan sepatu handmade kekinian dengan harga terjangkau