BI : Ekonomi Lampung triwulan I 2019 tumbuh 5,18 persen

id ekonomi lampung, BI Lampung, tumbuh ekonomi lampung, ekonomi nasional

BI : Ekonomi Lampung triwulan I 2019 tumbuh 5,18 persen

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan (tengah), di Bandarlampung, Sabtu (29/6/2019) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung mengatakan bahwa ekonomi Lampung pada triwulan I 2019 masih dapat tumbuh solid yakni sebesar 5,18 persen (year on year).

"Ekonomi Lampung itu melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi di periode yang sama selama tiga tahun terakhir, maupun pertumbuhan ekonomi Sumatera dan nasional," kata Kepala Perwakilan BI Lampung Budiharto Setyawan, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, pencapaian ini menjadikan Lampung menempati posisi ketiga pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera.

Meski demikian, lanjutnya, sesuai dengan pola musimannya, pertumbuhan ekonomi di periode laporan tercatat lebih rendah dibandingkan triwulan IV 2018 sebesar 5,38 persen (yoy).

Di sisi permintaan, menurut dia, pertumbuhan ekonomi Lampung pada triwulan I 2019 ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan perlambatan impor.

"Meski demikian, kontraksi ekspor dan perlambatan investasi tercatat menahan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di periode laporan," jelasnya.

Budi menjelaskan, di sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi Lampung ditopang oleh peningkatan kinerja pada industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran dan reparasi mobil dan sepeda motor serta konstruksi.