Vanessa Angel ikuti penyuluhan kanker serviks

id vanessa angel,fatma foundation,penyuluhan kanker,rutan medaeng

Pendiri yayasan Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf (kiri) bersama Vanessa Angel (tengah) di sela penyuluhan dan pemeriksaan dini bahaya kanker serviks di rumah tahanan khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Sabtu (13/4). (Foto Istimewa) (Foto Istimewa)

Sidoarjo (ANTARA) - Tersangka kasus prostitusi daring Vanessa Angel mengikuti penyuluhan tentang kanker serviks dan payudara yang dilakukan yayasan Fatma Foundation terhadap warga binaan rumah tahanan khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Sabtu (13/4).

Siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Vanessa Angel yang merupakan salah seorang tahanan titipan di Rutan Medaeng, serius dan antusias mendengarkan penyuluhan.

"Kami senang ada yayasan seperti Fatma Foundation yang begitu peduli kepada warga binaan dan sangat memperhatikan kesehatan kami," ujarnya.

Secara khusus mantan pesinetron dan bintang film itu berterima kasih kepada Fatma Saifullah Yusuf selaku pemilik yayasan karena peduli terhadap kesehatan warga binaan yang mungkin tidak setiap tahun bisa mengikuti "pap smear".

Sementara itu, Fatma Saifullah Yusuf mengatakan penyuluhan dan pemeriksaan terhadap perempuan warga binaan kali ini merupakan bagian dari program yang terus dijalankan sejak Fatma Foundation diluncurkan sejak 4 Februari 2019.

Menurut dia, penyakit kanker tidak mengenal tempat, baik itu di luar maupun di dalam rutan sehingga setiap wanita pasti berpotensi terserang, baik itu kanker payudara maupun serviks.

"Harapannya, dengan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear kali ini, para perempuan warga binaan di Medaeng diharapkan bisa terdeteksi secara dini potensi terjangkit kanker," ucap istri mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tersebut.

Untuk proses pemeriksaan sendiri, ia telah menyiapkan bus pemeriksaan yang dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan cukup lengkap dan modern.

Bagi Fatma Foundation, kata dia, pemeriksaan bagi perempuan warga binaan ini merupakan titik yang ke enam setelah sebelumnya melakukan pemeriksaan gratis di kelompok warga, guru maupun warga di kampung nelayan.

"Program ini bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara," katanya.

Dengan pemeriksaan dini, lanjut dia, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.

Sementara itu, selain Vanessa Angel, turut mengikuti kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan sebanyak 157 orang dari 162 perempuan warga binaan yang hadir.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar