Adipati dukung terbentuknya koperasi khusus wanita

id bupati waykanan, raden adipati surya

Raden Adipati Surya. (antaralampung/emir fs) (antaralampung/emir fs/)

Waykanan,  (Antaranews Lampung) – Bupati Waykanan, Provinsi Lampung Raden Adipati Surya mengatakan, sangat mendukung program koperasi khusus wanita, karena ini bisa menjadi yang pertama di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Waykanan.

“Sangat mendukung sekali adanya koperasi khusus wanita ini, karena bisa menjadi wadah para ibu-ibu Waykanan untuk beraktivitas di sektor ekonomi," katanya  di Blambanganumpu, Waykanan, Selasa.

Adipati mengatakan, dengan adanya koperasi ini,  para ibu-ibu bisa menjadi bagian dari koperasi tersebut dan bisa membantu keuangan keluarga.

Ia mengharapkan, koperasi ini nantinya bisa menampung hasil karya dari para ibu-ibu di kecamatan, baik dari pakaian, makanan dan lainnya untuk diperjualbelikan dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan di pasaran.


Sebelumnya, Ketua TP PKK Waykanan Dessy Afrianti Adipati menginginkan adanya koperasi khusus wanita, kelembagaan ini akan menjadi wadah bagi ibu-ibu yang ada Waykanan.

“Saya ingin ada koperasi wanita pertama. Karena selama ini belum ada namanya koperasi wanita di Waykanan atau di Provinsi Lampung,” katanya.

Menurut dia, bila koperasi wanita ini terbentuk, maka akan menjadi wadah bagi para ibu-ibu yang ingin menjadi anggotanya.

Selain itu, bila koperasi ini terbentuk, maka akan diajarkan bagaimana caranya menjadi anggota bisa memiliki usaha, dapat memasok hasil produksi dari usahanya ke koperasi.

Dessy melanjutkan, beragam yang dibuat para ibu-ibu berupa kerajinan, pakaian jadi, dan juga berbagai produk makanan seperti cemilan, kue basah dan kering bisa dipasok ke koperasi.

“Dengan melakukan usaha seperti ini setiap anggota bisa meningkatkan penghasilannya. Jadi tidak perlu berpatokan kepada suami, bahkan dengan adanya kegiatan ini bisa membantu keuangan keluarga,” katanya

Dessy mengatakan, dengan adanya koperasi wanita bisa menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah. Karena manfaatnya sangat dirasakan oleh anggota koperasi. Sebab anggota bisa membeli barang dan jasa lebih murah dibandingkan dengan barang dan jasa yang ditawarkan di toko-toko lain selain koperasi.

Koperasi wanita ini nantinya diharapkan dapat menumbuhkan motif berusaha yang berperikemanusiaan dengan kegiatan yang diadakan oleh koperasi bukan semata-mata usaha yang dijalankan untuk meraih keuntungan, selain mendidik dan menumbuhkan semangat berwirausaha di hati para anggotanya, koperasi juga memiliki tujuan untuk melayani secara baik keperluan para anggotanya sehingga keperluan anggotanya dapat tercukupi.

“Koperasi mengajarkan kepada anggotanya untuk selalu bersikap jujur dalam melakukan usaha, tidak hanya itu koperasi juga mengedepankan sifat terbuka dalam pengelolaan koperasi,” ungkapnya.

Dengan adanya koperasi akan membuat anggotanya lebih mandiri. Anggota bisa mencari uang sendiri dengan berusaha tanpa harus menggantungkan pendapatan dari orang lain.
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar