KAI Luncurkan Program "Check-In" di Semua Stasiun

id program

KAI Luncurkan Program "Check-In" di Semua Stasiun

Eksekutive Vice President PT KAI Divre IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin (Foto: Humas PT KAI Tanjung Karang)

Ini merupakan kemudahan kepada penumpang yang akan menggunakan jasa kereta api, katanya
Bandarlampung, 17/1 (Antaranews Lampung) - Eksekutive Vice President (EVP) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin mengatakan mulai 17 Januari 2019 tiket kereta dapat melakukan "check-in" di semua stasiun.

"Para penumpang bisa melakukan check-in di semua stasiun dengan jarak jauh. Ini merupakan terobosan baru kereta api tahun 2019. Semoga ke depan bisa terus meningkatkan pelayanaan kepada penumpang kereta api," kata Sulthon, Kamis.

Menurut dia, dengan adanya program ini, bisa mempermudah para pengguna jasa kereta api di Divre IV Tanjungkarang.

"Ini merupakan kemudahan kepada penumpang yang akan menggunakan jasa kereta api," katanya.

Ia menjelaskan, bagi penumpang yang telah mendapatkan bukti pembelian tiket kereta api (blanko tiket putih, email notifikasi, struk, dan e-ticket), kini dapat melakukan check-in (mencetak boarding pass) pada mesin check-in counter di semua stasiun online yang melayani KA jarak jauh.

"Check-in di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta api. Misalnya penumpang KA Rajabasa (Tanjung Karang-Kertapati) yang akan berangkat 2 Februari 2019, penumpang dapat check-in di Stasiun Tanjungkarang selambatlambatnya pada 1 Februari 2019 (24 jam sebelum jadwal kereta api berangkat).

Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api, katanya.

Sulthon menjelaskan, perubahan aturan ini bertujuan untuk memudahkan penumpang yang ingin melakukan check-in jauh-jauh hari dari stasiun online terdekat yang mereka inginkan.

Hal ini juga dapat mencegah keterlambatan penumpang dikarenakan adanya antrean check-In di mesin check-in counter pada hari keberangkatan.

PT KAI juga telah menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access. Fitur ini membuat penumpang tidak perlu lagi repot-repot mengantre di mesin check-in Counter. E-boarding pass dapat diakses oleh penumpang mulai dari dua jam sebelum keberangkatan.

"Dengan berbagai kemudahan ini, KAI berharap dapat membuat penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api dari mulai sebelum keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di stasiun tujuan," tambah Sulthon.