Kemenhub lakukan pengecekan lanjutan Lanudad Gatot Subroto untuk komersil

id wakil bupati waykanan, edward anthony

Kemenhub lakukan pengecekan lanjutan Lanudad Gatot Subroto untuk komersil

Wakil Bupati Waykanan Edwar Anthoni (Foto: Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)



Waykanan,  (Antaranews Lampung) – Kementerian Perhubungan Indonesia kembali melakukan pengecekan ke  Pangkalan  Lanudad Gatot Subroto, Waykanan, Provinsi Lampung untuk melakukan verifikasi lanjutan, yang sebelumnya pada 2018 lalu sudah dilakukan pengecekan.

“Harin ini tim dari Kementerian kembali mengecek kelayakan dari Pangkalan Lanudad Gatot Subroto Waytuba,” kata Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, di Blambangan Umpu, Waykanan, Rabu.

Menurutnya, dengan kunjungan tim Kementrian Perhubungan ini dapat mempercepat proses terwujudnya bandara komersil pada tahun 2019 ini.

Selain itu, tim akan meninjau lebih detail untuk kelayakan Bandara Lanudad Gatot Subroto Waytuba, seperti landasan pacu, menara sinyal, parkir pesawat, dan lainnya.

“Jadi tim ke dua yang datang ini akan lebih detail pengecekannya. Semoga saja pada tahun ini bisa tercapai menjadi bandara komersil,” katanya.

Edward menjelaskan, di waktu yang bersamaan, Pangdam II Sriwijaya menggelar rapat untuk pemanfaatan menjadi bandara komersil. Sedangkan di Kementerian Perhubungan juga sama sedang menggelar rapat tentang teknis maskapai yang akan digunakan bila menjadi bandara komersil.

“Jadi ini benar-benar berpacu dengan waktu. Satu hari ada tiga kegiatan untuk percepatan bandara Lanudad Gatot Subroto antara lain kunjungan tim Kementerian Perhubungan, rapat di Kodam dan di Kementerian Perhubungan,” jelas dia.

Ia mengharapkan, dengan adanya rapat, dan kunjungan tim Kementerian Perhubungan, bisa menjadi titik terang agar segera terwujudnya bandara komersial di Kabupaten Waykanan dan masyarakat sangat terbantu, karena dapat memotong jarak tempuh antara Jakarta dan Waykanan atau sebaliknya.