Masyarakat Lampung Barat diminta jaga tradisi budaya Sekura

id Lampung Barat,Perta sakura ,PJ bupati Lambar

Masyarakat Lampung Barat diminta jaga tradisi budaya Sekura

PJ Bupati Lampung Barat Nukman saat menyapa masyarakat Lampung Barat. (ANTARA/HO/Kominfo Lampung Barat)

Saya berharap jangan ada yang merusak keindahan dari budaya kita yang sudah mendunia ini

Lampung Barat (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman meminta kepada lapisan masyarakat setempat agar tetap menjaga dan melestarikan tradisi budaya warisan nenek moyang Sekura.

"Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, khususnya di Lampung Barat identik dengan pesta Sekura dan kegiatan panjat pinang. Saya berharap jangan ada yang merusak keindahan dari budaya kita yang sudah mendunia ini," kata Nukman saat dihubungi dari Lampung Selatan, Rabu.

Pihaknya juga selalu mengingatkan kepada warga setempat untuk tidak mengenakan pakaian yang kurang sopan dan meminta-minta terhadap pengguna jalan.

Ia menjelaskan Pemkab Lampung Barat sudah melakukan koordinasi dengan seluruh kecamatan terkait pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut agar memberi imbauan terhadap pekon (desa) untuk tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

"Jangan sampai kita rusak tradisi panjat pinang ini. Silahkan pihak kecamatan berkoordinasi kepada pihak pekon agar pelaksanaan pesta budaya warisan nenek moyang kita tidak mengganggu pengguna jalan sehingga menimbulkan kemacetan, terlebih di beberapa kecamatan kegiatan pesta budaya Sekura tersebut dilakukan di jalan nasional," katanya. 

Sebab, menurutnya, perayaan pesta budaya Sekura yang biasa digelar masyarakat Lampung Barat sudah banyak diminati oleh masyarakat luar. Ia berharap marwah keindahan pesta budaya Sekura tersebut tetap dapat dijaga oleh lapisan masyarakat.

"Orang senang melihat budaya kita, bahkan sudah sampai mendunia. Oleh karena itu saya berharap jangan sampai kita sebagai pewarisnya justru malah merusak seperti menciptakan kemacetan, sehingga menghambat pengguna jalan yang akan pulang ke kampung halaman mereka," ujarnya.

Nukman meminta masyarakat harus tetap mengkondisikan kegiatan pesta Sekura agar tidak terjadi kemacetan, sehingga pengguna jalan dapat melakukan perjalanan dengan lancar.

Baca juga: Safari Ramadhan, Pj Bupati Lampung Barat serahkan 70 paket sembako kepada warga

Baca juga: PJ Bupati Lampung Barat janjikan umroh kepada siswi penghafal Al Quran

Baca juga: Kapolres Lampung Barat harap jalan longsor dapat dilalui H-10 Lebaran