1.800 personel amankan rapat pleno KPU

id kapolresta bandarlampung, murbani budi pitono

1.800 personel amankan rapat pleno KPU

Kapolresta Bandarlampung Kompol Murbani Budi Pitono (Foto: Istimewa)

Personel gabungan TNI-Polri telah siaga untuk mengamankan rapat pleno terbuka penghitungan perolehan suara Pilgub Lampung 2018 oleh KPU Lampung, baik di dalam maupun luar ruang rapat pleno, kata Murbani
Bandarlampung (Antaranews Lampung) -Sebanyak 1.800 perseonel gabungan dari TNI-Polri mengamankan jalannya rapat pleno terbuka penghitungan perolehan suara pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung.

"Personel gabungan TNI-Polri telah siaga untuk mengamankan rapat pleno terbuka penghitungan perolehan suara Pilgub Lampung 2018 oleh KPU Lampung, baik di dalam maupun luar ruang rapat pleno," kata Kapolresta Bandarlampung, Kombes Murbani Budi Pitono, di Bandarlampung, Minggu.

Ia menyebutkan, penghitungan perolehan suara tersebut berlangsung di Hotel Novotel Bandarlampung.

Menurutnya, pengamanan yang dilakukan, yaitu pengamanan jalur jalan protokol supaya tidak menganggu masyarakat melintas di kawasan hotel tersebut.

Selain itu juga pengamanan lokasi kegiatan agar rekapitulasi yang dilaksanakan KPU berjalan dengan lancar.

Hingga berita ini diturunkan, sudah 13 dari 15 kabupaten/kota di Lampung selesai melakukan penghitungan perolehan suaranya.

Rapat pleno penghitungan perolehan suara dipimpin Ketua KPU Provinsi Lampung, Nanang Trenggono dan dihadir empat komisioner lainnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei, pasangan nomor urut 3 Arinal-Chusnunia unggul atas tiga pasangan lain yang mengikuti Pilgub Lampung 2018.

Lembaga Saiful Mujani Research Center (SMRC) mencatat Arinal-Chusnunia unggul dengan perolehan 38,34 persen, disusul pasangan Herman-Sutono dengan 25,39 persen, Ridho-Bachtiar dengan 24,94 persen, dan Mustafa-Jajuli dengan 11,33 persen.

Lembaga Charta Politika juga mencatat Arinal-Chusnunia unggul dengan perolehan 36,75 persen. Disusul Herman-Sutono (27,6 persen), Ridho Bachtiar (24,47 persen), dan Mustafa-Jajuli (11,18 persen).

Hasil ini didapat dari 100 persen data yang masuk di hitung cepat Charta Politika. Hasil serupa juga muncul pada hitung cepat yang dilakukan Cyrus Network. Arinal-Chusnunia unggul dengan perolehan 36,8 persen, Herman-Sutono (27,1 persen), Ridho-Bachtiar (25 persen), Mustafa-Jajuli (11,1 persen).

Hasil hitung cepat yang semuanya menunjukkan bahwa Arinal-Chusnunia unggul, dapat dipastikan tidak akan jauh berbeda dengan penghitungan yang dihelat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Provinsi Lampung pada 8 Juli 2018.