Arinal-Nunik janji sejahterakan petani kopi

id arinal nunik, herman hn, pilkada lampung, ridho-bachtiar, sutono,pilkada 2018, pilgub lampung

Arinal-Nunik janji sejahterakan petani kopi

Arinal-Nunik saat kampanye di Liwa, Lampung Barat. (Antaralampung/Ardiansah)

, sektor pertanian dan perkebunan menjadi program prioritas sebagaimana visi dan misi kampanye Arinal-Chusnunia
    
Liwa,   (Lampung.antaranews.com) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi- Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik) berjanji mensejahterakan petani kopi di daerah setempat.
      
Menurut Arinal, dihubungi Senin, bahwa Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Tanah Air, namun harga komoditas ini masih rendah.
      
Menurutnya, dalam kampanye  di Liwa Minggu (13/5) selain Lampung Barat, petani kopi Lampung tersebar di sejumlah daerah lainnya, yakni Tanggamus, Lampung Utara, dan Waykanan.
       
Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung itu mengatakan bahwa harga biji kopi kering saat ini hanya Rp21.000 per kilogram.
       
"Kami jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur berjanji akan meningkatkan produksi dan harga kopi hingga dua kali lipat," ujarnya di hadapan ribuan warga Lampung Barat.
      
Caranya, lanjut dia, petani akan diberikan benih dan pupuk yang berkualitas baik sehingga produksi meningkat dan pada akhirnya kesejahteraan petani kopi juga akan terangkat.
      
"Benih petani akan terjamin bermutu, agar kualitas yang dihasilkan bisa lebih baik dari saat ini. Begitu pula ketersediaan pupuknya," kata dia.
        
 Arinal menjelaskan hampir sebagian besar masyarakat Lampung menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian dan perkebunan.
       
 Karena itu, menurutnya, sektor pertanian dan perkebunan menjadi program prioritas sebagaimana visi dan misi kampanye Arinal-Chusnunia.
       
Program itu, lanjutnya, dengan menerbitkan Kartu Petani Berjaya.
       
Ia mengatakan bahwa dengan menggunakan Kartu Petani Berjaya, petani Provinsi Lampung dapat dengan mudah mendapatkan pupuk dan benih berkualitas baik.
        
Menurutnya, pupuk dan benih dengan kualitas baik tersebut diberikan agar harga jual kopi dari petani bisa lebih tinggi dan petani bisa lebih makmur.
      
 Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung Arinal Djunaidi- Chusnunia Chalim diusung Partai Golkar, PKB, dan PAN, pada Pilgub Lampung 2018.
      
Pada Pilgub 2018, terdapat empat pasangan yang akan bertarung yakni M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri nomor urut satu, Herman HN-Sutono nomor urut dua, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim nomor urut tiga, dan nomor urut empat Mustafa-Ahmad Jajuli.