Nunik: Empat bacaleg perempuan nomor urut satu bukti komitmen

id Lampung,Bandarlampung.,Pemilu

Nunik: Empat bacaleg perempuan nomor urut satu bukti komitmen

Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim saat memberikan keterangan usai mengajukan daftar bacaleg ke KPU. Bandarlampung, Sabtu, (14/5/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - DPW Partai Kebangkitanan Bangsa (PKB) Lampung menyebutkan bahwa terdapat empat bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang mendapatkan nomor urut satu merupakan bukti dari komitmen partai dalam keberpihakan kepada perempuan pada pileg 2024.

"Banyak kader perempuan  PKB Lampung yang di tempatkan nomor satu, dua dan seterusnya, artinya komitmen kami dalam hal keberpihakan kepada perempuan tidak hanya sekedar basa-basi," kata Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim, di Bandarlampung, Sabtu.

Nunik, sapaan akrabnya mengatakan bahwa PKB memang memberikan ruang yang luas untuk perempuan agar dapat berpartisipasi aktif pada pemilihan legislatif (Pileg).

"Selain menempatkan perempuan nomor urut satu di beberapa daerah pemilihan (dapil). Ada salah satu dapil yang jumlah bacaleg perempuannya di atas 50 persen," kata dia.

Ia mengatakan bahwa PKB Lampung telah mengajukan daftar 85 bacaleg kepada penyelenggara pemilu dan berkas-berkasnya telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, termasuk untuk keterwakilan perempuannya.

"Untuk target, kami tidak mematok angka namun harus dapat yang maksimal saja. Penegasan kepada para kader mereka harus berkomunikasi baik kepada masyarakat jangan sampai rakyat beli kucing dalam karung tidak tau siapa yang dipilihnya," kata dia.

Sementara itu Tim Lembaga Pemenangan Saksi PKB Lampung Fatikhatul Khoiriyah, mengungkapkan bahwa empat perempuan yang mendapatkan nomor urut satu di partai tersebut berada pada dapil 3, 5, 6, dan 7.

"Tentunya ini adalah salah satu bukti PKB tidak basa basi dalam komitmen keberpihakan kepada perempuan dengan tidak menempatkan pada nomor-nomor besar tapi di nomor kecil," ujarnya.