Nunik sebut harga bahan pokok stabil jelang Lebaran 2023

id Harga pangan Lampung, pantuan harga, wagub Lampung, jelang lebaran,lebaran 2023

Nunik sebut harga bahan pokok stabil jelang Lebaran 2023

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat memantau harga pangan di pasar tradisional. ANTARA/HO-Pemprov Lampung

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengatakan harga sejumlah bahan pokok di daerahnya cenderung stabil pada Selasa atau empat hari menjelang Lebaran 2023.

"Kita bersyukur karena dalam beberapa kali kesempatan dilakukan pemantauan stok dan harga sejumlah bahan pokok di pasaran, ternyata semua stabil menjelang Lebaran tahun ini," ujar Chusnunia di Bandarlampung, Lampung, Selasa.

Ia mengatakan salah satu faktor yang mempengaruhi stabilitas harga bahan pokok di pasaran adalah adanya kelancaran distribusi logistik dan bahan pokok melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang.

"Dari sisi transportasi dari Pulau Jawa ada Pelabuhan Ciwandan dan di sini ada Pelabuhan Panjang. Sehingga perjalanan truk logistik pengangkut bahan pangan tidak ada yang terkena macet, dan ini akhirnya memengaruhi harga sebab distribusi lancar. Jadi, ini yang akan terus dijaga menjelang hari raya hingga setelahnya," katanya.

Dia menjelaskan menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah, pemantauan ketersediaan dan harga pangan akan terus dilakukan untuk menjaga inflasi daerah.

"Saat ini, harga beras turun, minyak goreng sesuai dengan harga eceran tertinggi, daging di harga normal Rp130 ribu per kilogram, begitu juga telur ayam Rp27 ribu per kilogram," ucapnya.

Selanjutnya, harga cabai juga relatif stabil sesuai dengan jenisnya dengan rentang harga Rp16 ribu-Rp35 ribu per kilogram.

"Semua harga stabil, pasokan aman, jadi harapannya konsumsi masyarakat tetap terjaga pada Lebaran 2023 ini, sehingga ekonomi bisa berjalan lancar," tambahnya.