Pemkab Waykanan Perluas Areal Tanam Kedelai

id bupati waykanan tanam kedelai

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya pada pencanangan Luas Tambah Tanam Kedelai di kampung Bukit Gemuruh kecamatan Way Tuba, Kamis (7/12) (FOTO: Antaralampung.com/Emir FS)

...Salah satu arah kebijakan pembangunan pertanian untuk mewujudkan misi tersebut adalah meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas unggulan, kata Bupati...
Waykanan  (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, meperluas lahan pertanian kedelai guna meningkatkan produksi dan nilai tambah bagi petani setempat.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, di Waykanan Minggu menjelaskan, kegiatan tersebut dinamai "Luas Tambah Tanam Kedelai" yang bertujuan untuk menambah luas lahan pertanian mencapai 7.267 hektare se-Kabupaten Waykanan.

Gerakan Luas Tambah Tanam Kedelai bertempat di Kampung Bukitgemuruh Kecamatan Way Tuba.

Bupati itu mengungkapkan salah satu misi pembangunan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Waykanan dalam jangka waktu tahun 2016?2021 yang berkaitan dengan bidang pertanian yaitu revitalisasi kebijakan pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas, dan nilai tambah hasil pertanian melalui pengembangan produk unggulan daerah.

"Salah satu arah kebijakan pembangunan pertanian untuk mewujudkan misi tersebut adalah meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas unggulan," kata dia.

Selain itu, dalam rangka menyukseskan kedaulatan pangan nasional, pemerintah melalui program Upaya Khusus (UPSUS) peningkatan produksi tiga komoditas pangan utama yaitu padi, jagung dan kedelai (pajale) telah melibatkan semua sumber daya dan pihak-pihak terkait dan telah mendapat dukungan dari pihak TNI Angkatan Darat (TNI AD) yang telah diwujudkan mulai dari persiapan penanaman hingga pengawalan pendistribusian benih dan pupuk.

"Selain melibatkan semua sumber daya yang ada, pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi pangan masyarakat telah memberikan dukungan sarana dan prasarana bidang pertanian. Hal ini diwujudkan dalam berbagai bentuk pembangunan dan pemberian bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian dan pembinaan di lapangan," kata dia.

Raden Adipati Surya juga menyampaikan melalui gerakan luas tambah tanam (LTT) kedelai ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas guna mendukung program pemerintah dalam rangka swasembada kedelai serta penyediaan bahan baku untuk industri.

Para petani juga diharapkan dapat termotivasi untuk menanam kedelai dengan memanfaatkan lahan-lahan kering dan lahan marginal yang masih kosong yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Waykanan, serta lahan bekas panen padi sehingga areal tanam kedelai meningkat.

"Saya minta seluruh aparat dinas tanaman pangan, hortikultura dan peternakan serta pihak terkait agar selalu meningkatkan kinerja dan secara bersungguh-sungguh dalam upaya mencapai target yang telah ditentukan serta dapat mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul di lapangan," kata dia.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan Waykanan Maulana Muhidan mengatakan dengan adanya program ini sektor pertanian bisa lebih meningkat pendapatannya.

Selain itu, program ini juga merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Provinsi Lampung menjadi lumbung Kedelai, salah satunya Kabupaten Waykanan dengan luas lahan 7.267 hektare.

"Kita harus semangat membangun pertanian untuk mewujudkan Waykanan maju dan berdaya saing 2017 bukan hanya di sektor pembangunan tetapi di bidang pertanian juga bisa menjadi hal prioritas utama," jelasnya

Maulana mengharapkan, seluruh masyarakat bisa membantu dan menyukseskan program tanam kedelai di Kabupaten Waykanan agar menjadi salah satu daerah yang memiliki hasil panen kedelai yang besar.
(ANTARA)



Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar