Rumah Akar Baca Gelar Pelatihan Aquascape

id aquascape

Pelatihan Aquascape atau seni manata tanaman atau tumbuhan air tawar di dalam aquarium yang digelar Rumah Akar Baca di Desa Kuripan Kecamatan Penegahan, Kabupaten Lampung Selatan. (ANTARA Lampung/ foto istimewa)

Lampung Timur,  (ANTARA Lampung) - Rumah Akar Baca di Desa Kuripan, Kecamatan Penegahan Kabupaten Lampung Selatan menggelar pelatihan aquascape atau seni manata tanaman atau tumbuhan air tawar di dalam akuarium.

Khaza Muda, Pegiat literasi Rumah Akar Baca di Desa Kuripan, Lampung Selatan dihubungi dari Lampung Timur, Senin mengatakan pihaknya menggandeng Komunitas Aquascape Akar Kayu Andalas, Lampung Selatan untuk memberikan pelatihan kepada sejumlah pemuda di desanya.

Menurut penebar virus baca di Kabupaten Lampung Selatan ini pelatihan tersebut bertujuan mengembangkan jiwa seni para pemuda di desa tersebut.

"Untuk mereka yang menyukai seni, aquascape menjadi salah satu cara untuk mengembangkan jiwa seni terhadap taman dan kebun yang indah yang ada di dalam air. Selain untuk hobi, usaha ini juga bisa menjadi pekerjaan," katanya.

Muhammad Thoyib dari Komunitas Aquascape Akar Kayu Andalas, Lampung Selatan menjelaskan aquascape adalah seni mengatur tanaman air, batu dan kayu, secara estetis dan menyenangkan di dalam sebuah akuarium.

Dia mengatakan aquascape layaknya seperti berkebun di bawah air.

"Untuk menambah keeksotisannya, fauna seperti ikan, udang, dan keong dapat dijadikan elemen penunjang supaya taman di dalam akuarium terlihat lebih indah dan hidup, " ujar dia.

Dia berharap dari pelatihan aquascape itu para pemuda mampu memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia di lingkungan sekitarnya.

Pelatihan aquascape ini diikuti pula pegiat literasi Sugeng hariyono dari Motorpustaka dan Muhammad Rohman, pegiat literasi Cendol Pustaka di Kabupaten Lampung Timur. *
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar