Harga gabah di Lampung naik

id Kepala BPS Lampung, yeane irmaningtum, harga gabah

Harga gabah di Lampung naik

Kepala BPS Lampung Yeane Irmaningrum (lampung.bps.go.id)

...Harga tersebut berada di bawah Harga Pembelian Pemerintah atau HPP yaitu Rp3.700 per kilogram, ujar Yeane...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Harga gabah di tingkat petani maupun penggilingan di Provinsi Lampung pada Mei 2016 naik menyusul telah berlalu masa panen raya.

"Peningkatan rata-rata harga kelompok kualitas gabah kering panen di tingkat petani sebesar 3,52 persen dari Rp 3.937,18 per kilogram menjadi Rp4.075,60 per kilogram, dan di tingkat penggilingan dengan kelompok kualitas yang sama naik sebesar 3,52 persen dari Rp4.026,79 per kilogram menjadi Rp4.168,45 per kilogram," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp4.750/kg pada gabah kualitas gabah kering panen (GKP) dengan varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan.

Harga gabah terendah mencapai Rp3.450,00/kg pada gabah kualitas GKP yaitu varietas Galur terdapat di Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

"Harga tersebut berada di bawah Harga Pembelian Pemerintah atau HPP yaitu Rp3.700 per kilogram," ujarnya.

Ia menjelaskan, di tingkat penggilingan, harga gabah tertinggi Rp4.850/kg pada gabah kualitas GKP, yaitu varietas Ciherang terdapat di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, sedangkan harga gabah terendah kelompok kualitas GKP yaitu Rp3.530/kg dengan varietas Galur terdapat di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.

"Harga tersebut berada di bawah HPP yaitu Rp3.750 per kilogram," ujar dia lagi.

Selama Mei 2016, survei harga produsen gabah mencatat 21 observasi.

Observasi didominasi oleh kelompok gabah kualitas GKP. Tidak dijumpai kelompok gabah kualitas gabah kering giling (GKG) dan gabah kualitas rendah. (Ant)