AJI Bandarlampung Beri Penghargaan Saidatul Fitriah

id AJI Bandarlampung Beri Penghargaan Saidatul Fitriah

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung kembali akan memberikan penghargaan Saidatul Fitriah tahun 2014 untuk karya tulis jurnalistik terbaik bagi jurnalis di daerah ini.

Ketua AJI Bandarlampung Yoso Muliawan di Bandarlampung, Rabu (13/8), mengatakan, penghargaan Saidatul Fitriah merupakan kompetisi karya jurnalistik bagi jurnalis di Lampung.

AJI Bandarlampung sudah memberikan penghargaan ini sejak 2008.

"Jadi, ini akan menjadi pemberian penghargaan yang ke-7. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas karya jurnalistik teman-teman jurnalis, lokal maupun nasional yang selama ini meliput di Lampung," ujar Yoso pula.

Penghargaan Saidatul Fitriah diberikan untuk karya jurnalistik yang memiliki dampak atas pemberitaan yang telah dibuat.

Yoso mengungkapkan, dampak tersebut berupa perubahan kondisi atas subjek atau objek yang diberitakan, berupa tulisan yang memberikan inspirasi bagi berbagai pihak.

"Jurnalis punya peran untuk mengubah kondisi di masyarakat lewat berita. Jadi sebenarnya, tugas jurnalis bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga mengawal untuk terjadi perubahan yang lebih baik," kata Yoso.

Peserta calon penerima penghargaan Saidatul Fitriah mulai dibuka sejak Selasa (12/8) sampai Senin (25/8).

Dalam rentang waktu tersebut, jurnalis yang berminat dapat mengumpulkan karya jurnalistik masing-masing ke Sekretariat AJI Bandarlampung.

Seluruh karya jurnalistik yang dikirimkan akan dinilai oleh tiga orang juri, yaitu jurnalis senior LKBN Antara Lampung, Budisantoso Budiman, dan Fadilasari (Metro TV), serta akademisi Fakultas Hukum Universitas Lampung Dr Tisnanta SH MH.

Pemberian Penghargaan Saidatul Fitriah bagi penerimanya akan dilakukan pada Malam Refleksi HUT ke-20 AJI tahun 2014 yang akan berlangsung pada 6 September nanti.