100.000 Rumah Tak Peroleh Listrik Akibat Topan

id 100.000 Rumah Tak Peroleh Listrik Akibat Topan, Lesos, Angin, Puting Beliung, Angin Puyuh, Toornado, Cuaca, Alam, PLN

 100.000 Rumah Tak Peroleh Listrik Akibat Topan

Foto serangan angin topan. (Google.Com-ANTARA).

Pemerintah lokal di Presov mengumumkan keadaan darurat pada Jumat setelah beberapa jalan dilaporkan tergenang air."
Bratislava (Antara/Xinhua-OANA) - Angin topan yang menerjang dan hujan lebat yang mengguyur Slowakia membuat 100.000 keluarga tak memperoleh listrik, terutama di bagian tengah dan timur negeri itu, sementara beberapa layanan kereta di negeri itu harus dihentikan.

Sekalipun permukaan air kebanyakan sungai dan anak sungai turun pada Jumat, Lembaga Hidrometeorologi Slowakia mengeularkan siaga banjir parah, tingkat tiga untuk Wilayah Presov dan Zilina di bagian utara. Curah hujan di pegunungan yang diterjang angin kencang diperkirakan mencapai sebanyak 130 milimeter pada Jumat.

Pemerintah lokal di Presov mengumumkan keadaan darurat pada Jumat setelah beberapa jalan dilaporkan tergenang air, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam. Kebanyakan daerah yang terendam air berada di zona industri, sehingga pengungsian tak perlu dilakukan.

Air di Anak Sungai Lubicky Potok di Wilayah Presov, Kamis malam (15/5), meluap dan melewati tanggulnya di beberapa daerah, dan membanjiri sejumlah rumah. "Kami sekarang hanya bisa menunggu air surut. Kami berharap seluruh daerah utara tidak kebanjiran," kata Wali Kota Kezmarok, Igor Sajtlava.

Meskipun hujan lebat terutama terpusat di bagian tengah dan timur Slowakia, angin topan pada Kamis mengakibatkan masalah di seluruh negeri tersebut. Angin kencang merobek atap rumah dan mencabut pepohonan sampai ke akarnya di beberapa daerah.

Sejumlah jalan penting di Pegunungan High Tatra masih ditutup pada Jumat, saat pemerintah mengumumkan keadaan darurat. Beberapa rumah terndam air, sementara gedung sekolah dasar tertimpa pohon yang tumbang. Layanan Pertolongan Gunung menyarankan wisatawan tidak menggunakan jalur pariwisata di gunung sebelum cuaca mereda.

Menurut ramalan cuaca resmi, angin akan mereda di sebagian besar wilayah Slowakia pada Jumat, selain dari bagian barat negeri itu. Namun, di bagian barat Slowakia sekalipun angin agak reda. Misalnya, pelayaran perairan Gabcikovo di Sungai Danube pulih pada Jumat sebab kekuatan angin berkurang.

Penerjemah: Chaidar.