BPS: Ekonomi Lampung Tumbuh 5,11 Persen

id kepala bps lampung, yeane irmaningrum, tingkat hunian hotel turun

BPS: Ekonomi Lampung Tumbuh 5,11 Persen

Kepala BPS lampung Yeane Irmaningrum (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung mengatakan ekonomi Lampung pada triwulan I-2017 tumbuh 5,11 persen.

"Ekonomi Lampung itu menguat dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,06 persenm," kata Kepala BPS Provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum, di Bandarlampung, Jumat (5/5).

Ia menyebutkan, dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas. Disusul pertambangan dan penggalian; transportasi dan pergudangan; serta Informasi dan komunikasi.

Menurutnya, dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran ekspor sebesar 20,56 persen, diikuti oleh pengeluaran konsumsi lembaga non profit sebesar 17,97 persen dan pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 5,63 persen .

Ekonomi Lampung triwulan I-2017 mengalami peningkatan 6,59 persen dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q). Dari sisi produksi, beberapa komoditas pertanian tanaman pangan dan holtikultura mulai memasuki masa panen, sehingga mengalami pertumbuhan ekspansif 36,95 persen.

Dari sisi pengeluaran didukung oleh pertumbuhan ekspor sebesar 13,82 persen. Secara spasial, pertumbuhan ekonomi wilayah Pulau Sumatera pada triwulan I-2017 tumbuh sebesar 4,05 persen, dan tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 6,42 persen.

Sementara itu, ia menambahkan perekonomian Lampung triwulan I-2017 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp75,68 triliun, dan atas dasar harga konstan mencapai Rp53,68 triliun. (Ant)