Olimpiade - Ganda campuran Tontowi/Lilyana fokus raih emas

id ganda campuran tontowi/lilyana, olimpiade 2016, tontowi/lilyana fokus medali emas

Olimpiade - Ganda campuran Tontowi/Lilyana fokus raih emas

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (FOTO ANTARA: Dok)

...Lawan siapa pun kami siap, akan kami berusaha untuk tenang dan tetap rileks," kata Lilyana...
Rio de Janeiro, Brazil (ANTARA Lampung) - Usai mengalahkan pasangan Malaysia, pasangan ganda campuran Indonesia Ahmad Tontowi/Lilyana Natsir menyatakan akan tetap fokus pada target untuk meraih medali emas bagi Kontingen Indonesia pada Olimpiade 2006.

"Kami akan tetap fokus pada tugas kami, dan mohon dukungan dari seluruh bangsa Indonesia," kata Lilyana seusai bersama Tontowi mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 21-15, 21-11 pada grup C ganda campuran cabang bulu tangkis Olimpiade ke-31 di Rio de Janeiro, Brazil, Sabtu.

Kemenangan tersebut menempatkan Tontowi/Lilyana sebagai juara grup C dan pada babak perempat final akan melawan salah satu runner-up dari grup lain, yang ditentukan berdasarkan undian.

"Lawan siapa pun kami siap, akan kami berusaha untuk tenang dan tetap rileks," kata Lilyana.

Tontowi/Lilyana kini menjadi andalan bagi Indonesia untuk bisa meraih medali emas Olimpiade 2016, setelah andalan lainnya ganda putra Hendra Setiawan/M Ahsan gagal maju ke babak perempat final.

Lilyana sendiri mengatakan, ia tidak merasa lebih terbenani karena kekalahan rekannya di ganda putra. "Yang pasti kami harus fokus di nomor yang kami mainkan ini."

Dalam pertandingan melawan pasangan Malaysia, Tontowi/Lilyana tampak tenang sehingga dapat menunjukkan diri sebagai pemain nomor tiga dunia dan berperingkat lebih tinggi dari lawannya.

Pertandingan berlangsung selama 35 menit, diakhiri dengan penempatan bola Lilyana di dekat net yang tidak terjangkau pasangan lawan.

Sementara itu, ganda campuran Indonesia lainnya Praveen Jordan/Debby Susanto menjadi runner-up Grup A dalam penyisihan cabang bulu tangkis setelah kalah dari unggulan pertama Zhang Nan/Zhao Yunlei, Sabtu petang atau Minggu pagi WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Paviliun 4 kompleks olahraga Riocentro tersebut, Praveen/Debby kalah 11-21, 18-21 setelah memberikan perlawanan ketat selama 42 menit melawan pasangan China peringkat satu dunia tersebut.

Praveen/Debby tetap lolos ke babak perempat final  untuk bertanding melawan satu dari juara-juara grup di babak penyisihan ini, yang akan ditentukan melalui undian.

Pada grup B, pasangan China Xu Zhen/Ma Jin tampil sebagai juara grup setelah mengalahkan pasangan Denmark  yang menjadi unggulan, Joachim Fischer/Christina Pedersen 22-24, 21-14, 21-16.

Pada grup D, pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Kim Ha Na menjadi juara grup setelah mengalahkan pasangan Jepang Kenta Kazuno/Ayane Kurihara 25-23, 21-17. (Ant)