KPU Lampung prioritaskan distribusi logisitik pemilu ke daerah 3T

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,KPU Lampung,Pemilu 2024,Logistik

KPU Lampung prioritaskan distribusi logisitik pemilu ke daerah 3T

Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Lampung Titik Sutriningsih, di Bandarlampung, Kamis, (18/1/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung akan memprioritaskan distribusi logistik Pemilu 2024 ke daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), karena itu pemilahan logistik pemilu untuk 3T saat ini sedang diproses.

"Tentu untuk daerah 3T, distribusi akan diprioritaskan sesuai prinsip tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat biaya," kata Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Lampung Titik Sutriningsih, di Bandarlampung, Kamis.

Oleh karena itu, lanjut dia, guna pendistribusian ke daerah 3T sesuai dengan rencana, maka jajaran penyelenggara telah memilah-pilah logistik Pemilu 2024 di gudang KPU Kabupaten dan Kota.

"Penyaluran logistik ke daerah 3T ini akan didahulukan, makanya sudah dipilah-pilah logistik Pemilu 2024 untuk ke sana," kata dia.

Menurut Titik, KPU Lampung juga sudah melakukan pemetaan wilayah sampai ke titik koordinat gudang untuk memastikan logistik terkirim tepat waktu dan tepat biaya sejak pertengahan 2023.

"Dari hasil pemetaan tersebut, daerah 3T ini berada di kabupaten yang memiliki wilayah perairan di antaranya Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pesawaran, dan Lampung Selatan," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pemetaan yang dilakukan oleh KPU Lampung ini juga untuk menentukan satuan harga pendistribusian itu dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sebab pendistribusian logistik pemilu di Lampung tidak hanya menggunakan moda transportasi darat tetapi juga laut.

“Nah biasa masyarakat di daerah 3T selalu memanfaatkan momentum pemilu untuk menentukan tarif penyeberangan," kata dia.

Titik pun mengungkapkan bahwa kendala dalam melakukan pendistribusian ke 3T yakni cuaca dan infrastruktur.

"Cuaca dan infrastruktur menjadi kendala utama pendistribusian logistik ke daerah 3T oleh perusahaan ekspedisi, sehingga guna mengantisipasi terjaga logistik, dalam pengiriman, terpal harus dirangkap tiga, armada jangan ada yang bolong walaupun tidak tembus samping, sebab sekarang sedang musim hujan,” kata dia.