Lampung laksanakan vaksinasi rabies serentak peringati Hari Rabies Sedunia

id Vaksinasi rabies Lampung, rabies Lampung, hari rabies sedunia

Lampung laksanakan vaksinasi rabies serentak peringati Hari Rabies Sedunia

Vaksinasi rabies drive thru yang dilaksanakan di Balai Veteriner Lampung dalam rangka memperingati hari rabies sedunia. Bandarlampung, Sabtu (7/10/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Di Lampung ini ada lebih dari 21 dokter hewan praktek dan bisa melakukan pelayanan, maka masyarakat bisa membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin rabies. Kalau hewan di sekitar kita sehat maka keluarga pun sehat, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung melakukan vaksinasi rabies bagi hewan penular rabies (HPR) secara serentak dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia.

"Dalam memperingati Hari Rabies Sedunia 2023 ini dilakukan beberapa kegiatan yakni sterilisasi kucing dan vaksinasi rabies," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Lili Mawarti di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam kegiatan vaksinasi serentak dalam rangka memperingati hari rabies dunia telah disediakan sebanyak 1.700 dosis vaksin rabies.

"Sudah disiapkan 1.700 dosis vaksin rabies, dan ini dilaksanakan di 19 titik. Dengan 17 titik ada di puskeswan di Lampung, lalu ada di Balai Veteriner Lampung, dan UPTD Pelayanan Kesehatan Hewan," katanya.

Dia melanjutkan alokasi secara keseluruhan untuk vaksin rabies di Lampung ada sebanyak 10.500 dosis, dan telah terdistribusi di 15 kabupaten serta kota yang pelaksanaan vaksinasinya sudah dimulai sejak Agustus-September.

Tanggapan serupa dikatakan oleh Kepala Balai Veteriner Lampung yang Baru drh Hasan Abdullah Sanyata.

"Berdasarkan data WHO setiap tahun ada 59 ribu orang meninggal akibat rabies dan dapat diartikan bahwa setiap 10 menit ada satu orang yang meninggal karena virus ini. Jadi ini menjadi tantangan bagi kita bersama terutama insan kesehatan hewan untuk tetap menjaga agar tidak ada penularan penyakit pada hewan ke manusia," ujar Hasan.

Menurut dia, upaya menjaga kesehatan hewan tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin rabies.

"Rabies ini musuh kita bersama, sebab ini zoonosis dan jelas kalau misalkan hewan yang ada di sekitar kita tidak divaksin ada peluang terkena rabies, dan sangat berisiko membuat kematian kalau manusia terjangkit," tambahnya.

Ia mengatakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan hewan, serta klinik hewan di Lampung siap untuk memberikan pelayanan vaksinasi rabies gratis bagi HPR. Akan tetapi masyarakat juga bisa melakukan vaksinasi di dokter hewan praktek.

"Di Lampung ini ada lebih dari 21 dokter hewan praktek dan bisa melakukan pelayanan, maka masyarakat bisa membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin rabies. Kalau hewan di sekitar kita sehat maka keluarga pun sehat," kata dia.