527 HPR di Bandarlampung sudah divaksinasi

id Lampung,Bandarlampung ,Bandar Lampung,Pemkot Bandarlampung,Pemkot Bandar Lampung,Vaksin Rabies

527 HPR di Bandarlampung sudah divaksinasi

Petugas Dinas Pertanian Kota Bandarlampung sedang melakukan vaksinasi rabies gratis kepada hewan peliharaan masyarakat kota setempat. Bandarlampung, Selasa (21/5/2024). ANTARA/HO-Pemkot Bandarlampung

Sejauh ini, hewan yang divaksinasi rabies dalam keadaan sehat, dan tidak ditemukan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI)," tambahnya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemkot Bandarlampung mengatakan sebanyak 527 hewan penular rabies (HPR) sudah dilakukan vaksinasi, pada program vaksin rabies gratis.

"Hingga hari kedua vaksin rabies gratis ini sudah ada 527 HPR dari enam kecamatan yang kami vaksinasi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Bandarlampung Erwin, di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengatakan bahwa pada tahun ini program vaksinasi HPR gratis akan dilaksanakan di 20 Kecamatan di Kota Bandarlampung secara bergantian selama satu pekan.

"Pelaksanaannya di kantor kecamatan, jadi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera dan hewan penular rabies lainnya, silahkan bawa ke kecamatan sesuai jadwalnya nanti diberi vaksin rabies gratis," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa dari dua hari pelaksanaan vaksinasi rabies di Kecamatan Sukabumi, Panjang, Bumiwaras, Teluk Betung Timur, Teluk Betung Selatan, Teluk Betung Barat mayoritas HPR yang divaksinasi yakni kucing dengan jumlah 422 ekor.

"Jadi paling banyak itu memang kucing yang divaksinasi rabies, kemudian anjing 98 ekor, ada juga kera enam ekor dan musang satu ekor," katanya.

Erwin pun mengungkapkan bahwa pada 2024 ini Pemkot Bandarlampung memiliki stok vaksin rabies sebanyak 5.000 dosis.

"Jadi stok vaksin rabies masih banyak, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kera atau HPR lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan pelaksanaan vaksinasi rabies kepada HPR ini juga untuk melindungi warga dari potensi tertular oleh hewan peliharaannya.

"Sejauh ini, hewan yang divaksinasi rabies dalam keadaan sehat, dan tidak ditemukan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI)," tambahnya.