Tanggamus siapkan 96 ton beras antisipasi rawan pangan akibat kemarau

id Tanggamus ,Siapkan beras pangan ,96 ton beras antisipasi El Nino

Tanggamus siapkan 96 ton beras antisipasi rawan pangan akibat kemarau

Ilustrasi- Dokumentasi sejumlah petugas menurunkan beras bantuan pangan pemerintah (ANTARA/ Makna Zaezar)

Tanggamus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, memiliki sekitar 96,588,22 ton beras dari cadangan dan ketersediaan pangan daerah untuk mengantisipasi kerawanan pangan yang disebabkan kekeringan karena dampak El Nino maupun kemiskinan ekstrem.

"Cadangan pangan beras Tanggamus 28.309,09 kilogram ditambah ketersediaan 68.279,132 kg jadi untuk totalnya adalah 96,588,22 ton beras," kata Analis Pasar Hasil Pertanian Ahli Muda pada Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Kabupaten Tanggamus, Dharma Kesuma, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Senin.

Ia menjelaskan, agar mampu memenuhi target stok CBP tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyiapkan benih khusus dengan spesifikasi tertentu yang mampu bertahan terhadap perubahan iklim yang saat ini menjadi kekhawatiran Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Ia mengatakan, untuk mengatasi masalah stok beras dan bahan pangan lainnya Kabupaten Tanggamus sudah menyiapkan stok beras di Bulog.

"Sudah kita Kabupaten ada cadangan pangan disimpan di gudang Bulog ketersediaan stok pangannya," kata dia.

.