Terminal Rajabasa siapkan fasilitas umum untuk kenyamanan pemudik

id Lampung,Pemkot Bandarlampung,Terminal Rajabasa,Rajabasa,Mudik,Pemudik,Lebaran

Terminal Rajabasa siapkan fasilitas umum untuk kenyamanan pemudik

Bus Antar Kota Antar Provinsi sedang terparkir di Terminal Tipe A Rajabasa Bandarlampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Rajabasa Bandarlampung Marsusi mengatakan berbagai fasilitas umum terminal setempat telah disiapkan dengan baik untuk memberikan kenyamanan pemudik Lebaran 2024 yang singgah di tempat itu.

"Untuk fasilitas umum memang ada perbaikan, seperti parkiran dan jalan, yang sebelumnya pakai hot mix, sekarang sudah rigid beton untuk kenyamanan kendaraan yang datang," kata dia di Bandarlampung, Provinsi Lampung, Jumat.

Dia mengatakan lampu penerangan di Terminal Rajabasa Bandarlampung sudah dibenahi sehingga pencahayaan menjadi lebih baik, terutama untuk melayani penumpang yang turun atau naik pada malam hari.

"Kami juga sudah menyediakan ruang tunggu apabila ada pemudik yang datang larut malam dan ingin melanjutkan perjalanannya esok hari," kata dia.

Bagi penumpang dengan usai tua atau orang tua serta ibu menyusui, katanya, di Terminal Rajabasa sudah disiapkan ruangan khusus guna kenyamanan mereka.

"Jadi ada dua ruangan satu untuk orang tua beristirahat dan satu lagi untuk ibu menyusui yang sudah kami siapkan," kata dia.

Marsusi menyebut di Terminal Rajabasa terdapat posko terpadu dan posko pemantau arus mudik dan milir periode 3 hingga 18 April 2024.

"Posko ini operasionalnya 24 jam selama momen mudik Lebaran 2024," kata dia

Dia memperkirakan pada musim mudik tahun ini terjadi peningkatan 20 persen ketimbang pada tahun lalu.

"Kalau tahun lalu di puncak arus mudik sekitar 1.500 per hari. Di tahun ini puncak arus mudik kami perkirakan tanggal 6-7 April," kata dia.

Baca juga: Puncak arus mudik Bakauheni diperkirakan H-4 Lebaran

Baca juga: ASDP: Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi H-4 Lebaran

Baca juga: Pemudik diimbau beli tiket sebelum radius 4,2 kilometer Bakauheni