Pemkab Lampung Barat bagikan ratusan bendera merah putih ke warga

id Pembagian bendera merah putih,Lampung Barat,Diskomunfo

Pemkab Lampung Barat bagikan ratusan bendera merah putih ke warga

Suasana saat kepala dinas Kominfo Lampung Barat membagikan bendera merah putih kepada warga (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Mari bersama kita mengibarkan sang merah putih di mana saja, untuk memperingati HUT Kemerdekaan kita, katanya
Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membagikan ratusan bendera merah putih kepada masyarakat yang melintas di ruas jalan Raden Intan, Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit.

"Hari ini kita membagikan bendera merah putih kepada masyarakat yang melintas dalam rangka menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri perihal gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih," kata Kepala Dinas Kominfo, Munandar, dalam keterangannya yang diterima di Pesisir Barat, Senin.

Ia menuturkan, pembagian bendera merah putih tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor: 400.10.1.1/5029/Polpum tanggal 7 April 2023 perihal gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara Nasional.

Ia mengatakan, gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan gerakan yang diinisiasi oleh Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum yang tujuannya untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selain itu, pembagian bendera merah putih ini juga merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nomor: 003.17/NV.03/2023 tentang partisipasi dukungan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih," katanya. 

Ia menjelaskan pembagian ratusan bendera merah putih tersebut sebagai wujud partisipasi Dinas Kominfo Lampung Barat, dalam kegiatan pembagian bendera merah putih tahun 2023.

"Gerakan ini merupakan bentuk sinergi Dinas Kominfo dengan tujuan memberikan teladan cinta tanah air, jiwa patriotisme dan jiwa nasionalisme, serta memeriahkan HUT ke-78 RI," ujarnya. 

Oleh karena itu, Munandar mengimbau kepada lapisan masyarakat Kabupaten Lampung Barat, agar dalam menyambut hari jadi Negara Republik Indonesia mengibarkan bendera merah putih sebagai wujud penghargaan kepada pahlawan. 

"Mari bersama kita mengibarkan sang merah putih di mana saja, untuk memperingati HUT Kemerdekaan kita. Ini sebagai bentuk penghargaan untuk para pahlawan dan para pejuang kemerdekaan," katanya.