Kapolresta Bandarlampung apresiasi buruh sampaikan tuntutan dengan tertib

id Lampung,May Day,Hari buruh internasional

Kapolresta Bandarlampung apresiasi buruh sampaikan tuntutan dengan tertib

Personel Kepolisian sedang bertugas mengawal, mengamankan dan melayani jalanya aksi massa buruh pada peringatan May Day di depan pintu masuk Pemprov Lampung. Bandarlampung, Senin, (1/5/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Ino Harianto mengapresiasi massa buruh yang menyampaikan aspirasinya dengan tertib pada Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di depan pintu masuk Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin.

"Saya turut mengapresiasi kegiatan kawan-kawan buruh, yang menyampaikan tuntutannya dengan tertib," katanya Kapolresta Kombes Ino Harianto, usai memantau jalannya aksi May Day.

Menurutnya, aksi massa yang dilakukan oleh berbagai elemen serikat buruh dan mahasiswa tersebut berjalan dengan lancar, aman tanpa ada tindakan-tindakan anarkis dari aksi massa.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, tertib sampai kemudian ditindaklanjuti bertemu dengan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Lampung," kata dia.

Dia mengatakan bahwa dalam melakukan pengawalan terhadap aksi massa pada Peringatan Hari Buruh Internasional, Polresta Bandarlampung menerjunkan sekitar 500 personel.

"Personel yang kami turunkan bermaksud guna mengawal, mengamankan dan melayani aksi massa buruh berjalan lancar," ujarnya.

Kombes Ino juga mengungkapkan bahwa jumlah massa yang terlibat dalam kegiatan di May Day diperkirakan mencapai 600 orang.

"Surat yang masuk ke kami itu ada 600 orang yang ikut aksi hari ini gabungan dari sejumlah elemen buruh dan mahasiswa," kata dia.

Pantauan di lokasi, massa dari sejumlah serikat buruh di Lampung melakukan orasi di depan pintu masuk kantor Pemprov Lampung, di sana terlihat personel kepolisian telah bersiaga di depan serta dibantu Satpol PP.

Kemudian, terlihat juga ada kawat berduri di depan pintu masuk ke dalam halaman Pemprov Lampung.