Polisi masih telusuri riwayat kejiwaan pembacok satu keluarga di Bandarlampung

id Lampung,Bandarlampung,ODGJ

Polisi masih telusuri riwayat kejiwaan pembacok satu keluarga di Bandarlampung

Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Ino Harianto saat dimintai keterangan. Bandarlampung, Senin, (15/8/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung mengatakan, masih menelusuri riwayat kejiwaan pelaku yang melakukan pembacokan terhadap lima orang satu keluarga di Kecamatan Sukabumi kota setempat.

"Pelaku pembacokan yang diduga orang dengan gangguan jiwa sudah diamankan dan ditangkap dan saat ini kami masih menelusuri riwayat penyakit kejiwaannya," kata Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Io Harianto, di Bandarlampuhg, Senin.

Ia mengatakan bahwa untuk memastikan bahwa pelaku merupakan ODGJ, pihaknya pun akan melibatkan instansi terkait guna menelusuri kesehatan kejiwaan yang bersangkutan.

"Ya, tentu nanti kita periksa dulu kesehatannya seperti apa bersama pihak-pihak terkait untuk mengetahui status kejiwaannya," kata dia.

Sebab, lanjut dia, tidak semudah itu menetapkan seseorang dengan sebutan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), sehingga polisi akan terus mendalami kasus ini.

"Kasus ini sedang kita dalami. Memang katanya pelaku adalah ODGJ tapi tidak semudah itu menerima informasi bahwa yang bersangkutan adalah ODGJ karena ada langkah dan tahapannya," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa apabila terbukti pelaku  merupakan ODGJ langkah-langkah penanganan akan dilakukan sebagaimana mestinya.

"Namun jika pelaku bukan ODGJ maka kita akan 
maka akan dilakukan penanganan sama dengan tersangka pada umumnya," kata dia.

Sebelumnya, polisi dan warga berhasil menangkap pelaku pembacokan terhadap lima orang satu keluarga di Kecamatan Sukabumi Kota Bandarlampung pada Senin 03.00 WIB.