Alirkan asa untuk pengidap kanker anak Indonesia

id Dompet Dhuafa, Alirkan

Alirkan asa untuk pengidap kanker anak Indonesia

Giat bertajuk Peduli Kanker Anak Indonesia yang digelar oleh Dompet Dhuafa bersama Jenius dari Bank BTPN, Senin (17/1/2022). Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jakarta (ANTARA) - “Ulang tahun di usia ketiga kemarin, Syahdan malah harus dioperasi. Dan operasinya gagal, karena tumornya sudah sampai hati,” ungkap Erlin, bercerita tentang sang ananda, Syahdan, yang mengidap tumor neuroblastoma sejak usia 1 tahun.

“Awal deteksi itu dari dia usia 1,5 tahun. Gejalanya sering sembelit, turun berat badan drastis, dan kalau nangis selalu seperti ada benjolan di bagian perut. Lama-kelamaan perutnya membesar. Alhamdulillah, sekarang ini Syahdan jauh lebih baik dan sudah menjalani 10 siklus chemotherapy,” imbuh Erlin.

Hari itu, antusias keceriaan Syahdan bersama puluhan anak-anak lainnya, terpancar ekspresif mengikuti giat bertajuk Peduli Kanker Anak Indonesia yang digelar oleh Dompet Dhuafa bersama Jenius dari Bank BTPN, Senin (17/1/2022).

Melalui tim Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), Dompet Dhuafa turut bersinergi dengan Komunitas Kantong Doraemon dan Rumah Singgah Sahabat dalam pendampingan pasien anak-anak tersebut.

Bertempat di Shelter Sehati Kramat Jati, Jakarta Timur, rangkaian Dongeng Ceria oleh Kak Taufan dan Aksi Sulap oleh Kak Didi, menambah kegembiraan adik-adik dis sana, pun para orang tua yang setia menemani. 

Juperta Panji Utama selaku General Manager Layanan Sosial Dompet Dhuafa, turut bertukar cerita sedikit pengalamannya, serta memantik semangat juang pendampingan demi kesembuhan.

“Saya ingin mengatakan ini adalah salah satu anugerah, bukan semata-mata ujian. Kenapa demikian? Karena tidak semua orang, Allah berikan ‘tiket’ seperti ini. Betul bagi kita sekarang di dunia ini derita. Tapi jika kita bisa tangkap maksud pemberian dari Allah ini, akan luar biasa. Allah kasih kita anak-anak spesial hanya kepada orang-orang khusus, pasti ada jalan. Alhamdulillah, anak-anak kita ini terdeteksi sejak dini, jadi lebih tahu langkah-langkah solusinya,” sebut Juperta Panji.

“Sudah selama 6 tahun, saya pun mendampingi istri saya, yang mengidap kanker stadium 2B. Kekuatan yang paling utama adalah berserah kepada Allah, dan penting untuk terus berikhtiar. Dompet Dhuafa berharap, Bapak-Ibu terus menyayangi buah hati dan diri kita sebagai penyintas. Mudah-mudahan sekelumit dari pengguna Jenius dan Dompet Dhuafa berikan dapat bermanfaat untuk terus berikhtiar,” imbuhnya.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, menuturkan sebagai solusi life finance, Jenius senantiasa menghadirkan beragam kemudahan termasuk dalam berdonasi. 

Kolaborasi dengan Dompet Dhuafa memudahkan masyarakat digital savvy dapat berdonasi langsung melalui aplikasi Jenius pada menu Billers (Tagihan). 

Tak hanya berdonasi, pengguna juga bisa membayar Zakat dan juga Wakaf langsung dari aplikasi Jenius. Kami juga berterima kasih kepada teman Jenius yang telah berdonasi dan mendukung program ini. 

"Melalui kolaborasi dengan Dompet Dhuafa, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak digital savvy Indonesia dan meningkatkan jumlah donasi digital,”ungkapnya.

Kanker masih menjadi salah satu penyakit penyebab utama kematian tertinggi setiap tahunnya. 

Bahkan anak-anak tidak luput dari penyakit ini. Secara global, World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 300.000 anak berusia 0-19 tahun terdiagnosis kanker setiap tahun. Akan tetapi, tidak semua anak mendapatkan pengobatan yang efektif.

Jahran (39), salah seorang pendamping menuturkan, kegiatan ini mengingatkan kembali untuk terus berikhtiar dalam jalan kesembuhan. Kehadiran donasi dari pengguna Jenius dan Dompet Dhuafa juga menjadi semangat kami untuk terus menjalani pengobatan.

"Kita tidak sendirian, Jenius dan Dompet Dhuafa membantu dan menyemangati lagi. Harapan ke depannya mudah-mudahan ada bantuan untuk meringankan dan memberikan fasilitas dalam menjalani rutinitas mencari kesembuhan. Terima kasih atas dukungannya. Semangat untuk sehat," tutur Jahran, optimis.

Ya, peduli kemanusiaan dalam KolaborAksi bersama Dompet Dhuafa, Jenius dari Bank BTPN, ikut berikhtiar menyalakan asa, menggulirkan donasi sebesar Rp853.373.581,- (delapan ratus lima puluh tiga juta, tiga ratus tujuh puluh tiga ribu, lima ratus delapan puluh satu rupiah). 

Selain Peduli Kanker Anak Indonesia, penyaluran ragam bantuan juga bergulir untuk program Kebencanaan (Semeru), Disabilitas Mandiri, Beasiswa Anak Indonesia (SMART Ekselensia), Tebar Al-Qur’an, Santunan Anak Yatim, juga Pojok Baca. 


Sekilas tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama hampir 27 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Sekilas tentang Bank BTPN

PT Bank BTPN Tbk. (Bank BTPN) merupakan bank devisa hasil penggabungan usaha PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI). 

Bank BTPN melayani segmen mass market yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), komunitas prasejahtera produktif; segmen consuming class; serta segmen korporasi. 

Bisnis tersebut didukung unit-unit bisnis Bank BTPN, yaitu BTPN Sinaya – unit bisnis pendanaan, BTPN Purna Bakti – unit bisnis yang fokus melayani nasabah pensiunan, BTPN Mitra Usaha Rakyat – unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha mikro, BTPN Mitra Bisnis – unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha kecil dan menengah, BTPN Wow! – produk Laku Pandai yang fokus pada segmen unbanked, 

Jenius – platform perbankan digital untuk segmen consuming class, serta unit bisnis korporasi yang fokus melayani perusahaan besar nasional, multinasional, dan perusahaan-perusahaan Jepang. Selain itu, Bank BTPN memiliki anak usaha yaitu BTPN Syariah yang fokus melayani nasabah dari komunitas prasejahtera produktif. 

Melalui Program Daya, yaitu program pemberdayaan mass market yang berkelanjutan dan terukur, Bank BTPN secara reguler memberikan pelatihan dan informasi untuk meningkatkan kapasitas nasabah sehingga memiliki kesempatan tumbuh dan mendapatkan peluang untuk hidup yang lebih baik. PT Bank BTPN Tbk. menduduki peringkat keempat di Indonesia dalam World’s Best Bank 2020 yang dirilis oleh Forbes. 

Bekerja sama dengan Statista, survei dengan pendekatan customer-centric dipergunakan untuk menilai faktor kepuasan pelanggan, kepercayaan, biaya, layanan digital, dan informasi finansial. 

Pencapaian ini membuktikan bahwa rangkaian inovasi yang telah dilakukan, mulai dari BTPN Sinaya, BTPN Wow! hingga Jenius, membuat PT Bank BTPN Tbk. meraih posisi yang cukup tinggi di hati masyarakat Indonesia.