ASN di Kota Bandarlampung mulai disuntik vaksin penguat

id Lampung,Dinkes,Vaksinasi,Vaksin,Booster

ASN di Kota Bandarlampung mulai disuntik vaksin penguat

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandarlampung menjalani suntikkan booster. Selasa, (18/1/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mulai menyuntikkan vaksin penguat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkot setempat.

"Kita sudah melaksanakan vaksin booster untuk ASN. Vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap," kata Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, di Bandarlmapung, Selasa.

Menurutnya, vaksinasi booster ini merupakan ikhtiar dari pemerintah dalam memutus mata rantai COVID-19 dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terpapar virus corona.

"Booster ini sebagai upaya untuk mencegah Omicron masuk ke kota ini. Kita doakan varian Omicron tidak masuk ke Bandarlampung," kata dia.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Kota Bandarlampung, Desti Mega Putri mengatakan bahwa, vaksin yang disediakan untuk melakukan vaksinasi kepada ASN ini sebanyak 350 orang.

"Vaksinasi ASN tahap pertama ini diberikan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sekretaris, Kepala Bagian Lurah, dan Camat," kata dia.

Ia mengatakan bahwa dengan divaksinasinya kepala OPD dan lainnya sebagai pelayan publik diharapkan mereka tetap sehat sehingga dapat melayani masyarakat lebih maksimal.

"Vaksin yang dipakai untuk memvaksinasi ASN ini pfizer. Tapi untuk booster kita ada tiga jenis vaksin yang tersedia yakni pfizer, moderna dan astrazeneca," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa selain pelaksanaan vaksinasi penguat kepada ASN, pemkot juga melakukan booster kepada lansia di 31 puskesmas.

"Booster ini akan kita fokuskan ke lansia terlebih dahulu, tapi mereka yang mendapatkannya harus berjarak enam bulan dari vaksinasi dosis ke dua," kata dia.